Mau Bikin Switch dengan Dua Layar, Nintendo?

Mau Bikin Switch dengan Dua Layar, Nintendo?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 11:17 WIB
Nintendo DS
Nintendo DS. Foto: internet
Jakarta -

Meski belum jelas kapan Nintendo Switch versi baru bakal dirilis, namun rumor mengenai desain konsol mini itu sudah beredar. Yaitu bakal dilengkapi dua layar layaknya konsol handheld Nintendo sebelumnya.

Rumor ini berasal dari pembaruan firmware paling anyar yang baru dirilis, yaitu firmware versi 10.0.0. Firmware tersebut diteliti oleh peneliti celah keamanan bernama Mike Heskin, yang kemudian mengicaukan temuannya itu.

Ada sejumlah fitur baru yang diperkenalkan di firmware versi 10.0.0, seperti kemampuan untuk memindahkan data game dari memori internal ke kartu SD. Lalu ada juga fitur untuk melakukan mapping ulang tombol, dan lain sebagainya.

Selain temuan itu, Heskin juga menyebut firmware anyar itu punya dukungan awal untuk Switch model selanjutnya yang berkode nx-abcd, yang sejalan dengan kode Switch generasi sebelumnya, seperti x-abca untuk Switch gen 1 dan nx-abcb untuk Switch Lite.

Kemudian Heskin pun mengicaukan bukti keberadaan layar kedua yang bakal hadir di Switch versi tersebut. Namun tentu tak bisa ditebak desain seperti apa yang diterapkan dengan dua layar tersebut, apakah desain clamshell ala 3DS/2DS ataupun desain lain yang benar-benar baru.

Temuan ini sejalan dengan rumor yang dihembuskan analis industri yang menyebut Nintendo bakal merilis Switch Pro pada 2020, yang bakal mendukung layar 4K, dan bermacam komponen lebih kencang lain.

Namun kemudian Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa menepis rumor ini dengan menyebut mereka tak berencana merilis Nintendo Switch anyar pada 2020, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (16/4/2020).



Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)