Mau Bersihkan Nintendo Switch? Jangan Pakai Alkohol Ya...

Mau Bersihkan Nintendo Switch? Jangan Pakai Alkohol Ya...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 15 Apr 2020 22:15 WIB
Nintendo Switch, Ilustrasi Nintendo Switch, Switch
Foto: dok. detikINET
Jakarta -

Salah satu hal yang penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan membersihkan gadget yang dipakai. Biasanya alkohol adalah bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan ponsel, namun ternyata tak bisa dipakai untuk Nintendo Switch.

Larangan penggunaan alkohol untuk membersihkan Switch ini datang langsung dari Nintendo, tepatnya dari akun Customer Service mereka di Twitter, demikian dikutip detikINET dari Kotaku, Rabu (15/4/2020).

"Baru-baru ini konsumen bertanya apakah mereka bisa membersihkan konsol Nintendo Switch dan Joy-Cons menggunakan alkohol. Kami mohon maaf, tolong hindari penggunaan alkohol karena bisa menyebabkan bagian plastik berubah warna ataupun berubah bentuk.

Tak cuma alkohol, Nintendo juga menyebut membersihkan Switch menggunakan tisu basah juga bisa merusak bagian plastik dari konsol tersebut, tergantung dari bahan yang terkandung di tisu tersebut.

Hal ini disebabkan bahan pelapis luar dari Switch sangat mudah terkelupas. Menurut Nintendo, kerusakan ini mungkin tak akan langsung terlihat setelah sekali dibersihkan, namun juga sudah dibersihkan berulang kali, kerusakannya akan mulai terlihat.

Jadi bagaimana cara membersihkan Switch yang aman? Nintendo merekomendasikan membersihkan Switch hanya dengan menggunakan kain halus yang kering.

Namun ini artinya hanya debu atau bekas sidik jari yang bisa dibersihkan, namun tak akan mendisinfeksi Switch dari virus corona ataupun virus-virus lain. Jadi, sebaiknya pengguna benar-benar menjaga Switch-nya agar tak terpapar virus corona dan menjadi sumber penyebaran virus tersebut.

Pasalnya, menurut penelitian dari Harvard Medical School, virus Corona bisa bertahan selama dua sampai tiga hari di plastik dan stainless steel.



Simak Video "Ortu Tegaskan Salmafina Sakit Bukan Gegara Alkohol"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)