Sekolah Ditutup karena Corona, Murid di Jepang Gelar Wisuda di Minecraft

Sekolah Ditutup karena Corona, Murid di Jepang Gelar Wisuda di Minecraft

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 08:01 WIB
Minecraft
Sekolah Ditutup karena Corona, Murid di Jepang Gelar Wisuda di Minecraft Foto: Istimewa
Jakarta -

Sekolah-sekolah di Jepang telah ditutup selama hampir sebulan untuk mencegah penyebaran virus corona. Murid-murid yang tidak sempat merayakan kelulusannya pun membuat upacara kelulusannya sendiri di video game.

Dikutip detikINET dari Cnet, Senin (30/3/2020) beberapa murid sekolah dasar di Jepang yang harusnya lulus sekolah pada musim semi ini mengadakan upacara kelulusan lewat Minecraft.

Seorang pengguna Twitter @backyennew membagikan beberapa foto dan video yang memperlihatkan putranya mengikuti upacara kelulusan virtual lewat Minecraft.

"Apa yang kamu lakukan?" tanya @backyennew kepada anaknya.

"Kami memutuskan untuk melakukan upacara kelulusan bersama-sama!" jawab sang anak.

"Oh! Keren. Murid sekolah dasar berkumpul untuk mengadakan upacara kelulusannya sendiri," tulis @backyennew dalam cuitannya.

Menariknya, upacara kelulusan ini benar-benar dilakukan atas inisiatif para murid sendiri, tanpa usulan dari guru atau sekolahnya. Berikut beberapa momen upacara kelulusan tersebut yang dibagikan oleh @backyennew.

Seperti kebanyakan murid sekolah lainnya di dunia, murid sekolah di Jepang tidak bisa mengadakan upacara kelulusan. Tahun ajaran di Jepang harusnya berakhir pada bulan Maret, tapi sekolah-sekolah telah ditutup selama kurang lebih sebulan terakhir karena virus corona.

Tidak hanya wisuda yang dipindahkan ke video game karena virus corona, tapi juga upacara pernikahan. Baru-baru ini sepasang kekasih mengadakan upacara pernikahan secara virtual lewat game Animal Crossing: New Horizons.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)