Jumat, 20 Mar 2020 15:34 WIB

Social Distancing Sempat Bikin Game Fortnite Down

Rachmatunnisa - detikInet
Fortnite, Ilustrasi Fortnite Foto: dok. Epic Games
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, beberapa game populer sempat down karena banyak orang yang diminta untuk diam di rumah mencari hiburan dengan bermain game. Hal ini terjadi pada Fortnite.

Pekan ini, gamer Fortnite kesulitan mengakses game tersebut karena terlalu banyak orang memainkannya di waktu bersamaan. Kampanye social distancing membuat kapasitas server Fortnite kewalahan dan membludak.

Epic Games selaku developer dan publisher game ini mengumumkan di Twitter bahwa mereka langsung menginvestigasi sejumlah isu yang dilaporkan para pemain.

"Kami menginvestigasi masalah login, matchmaking, Item Shop, dan layanan Fortnite lainnya. Kami akan memberikan update ketika masalah ini selesai," kata Epic Games.

Para pemain juga melaporkan masalah ini di situs DownDetector.com pada Selasa (17/3) sore, sementara pemain lainnya juga melaporkan masalah serupa di Twitter.

"Semua orang main game karena sekolah ditutup, game-nya kewalahan," tulis salah satu pengguna.

"Karantina, gak bisa main Fortnite, corona sudah membunuhku," komentar pengguna lainnya.

Meski demikian ada juga pemain yang memberi dukungan pada Epic Games agar mereka bisa menangani masalah ini dengan segera.

"Bisakah orang-orang berhenti komplain. Bayangkan ada berapa banyak masalah di game ini sekarang? Memang ini mengganggu, tapi kalian juga harus apresiasi mereka mati-matian bekerja dari rumah di tengah wabah COVID-19," tulis pengguna tersebut.

Saat ini akses game Fortnite sudah kembali normal, dan para pemain bisa mengaksesnya dengan lancar. Selain Fortnite, sebelumnya pada Januari lalu ada PUBG yang servernya juga sempat tumbang.

Game for Peace, PUBG Mobile versi pasar China, kewalahan karena lonjakan trafik yang diterima server miliknya selama libur Imlek yang diperpanjang karena kebijakan social distancing untuk meredam penyebaran virus corona. Gamer mengeluhkan tak bisa login ke Game for Peace.


Hashtag #GameForPeaceCollapsed bahkan sempat jadi trending terpopuler di media sosial China, Weibo. Tencent pun bergegas untuk meningkatkan kapasitas di servernya.



Simak Video "Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)