Sabtu, 29 Feb 2020 12:18 WIB

Game Plague Inc. Dicekal Pemerintah China, Kenapa?

Virgina Maulita Putri, Virgina Maulita Putri - detikInet
Plague Inc Foto: Ndemic Creations
Jakarta -

Game Plague Inc yang sempat populer di China sejak wabah virus corona merebak, tiba-tiba dicekal oleh pemerintah China. Game tersebut kini dihapus dan menghilang dari Apple App Store di China.

Game ini memungkinkan pemainnya menciptakan penyakit dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Dalam postingan di blog-nya, Ndemic Creations sebagai pengembang Plague Inc mengatakan penghapusan ini didasari konten di dalam game tersebut yang dianggap ilegal di China.

"Kami baru saja diberitahu bahwa Plague Inc. 'mengandung konten yang ilegal di China seperti ditentukan oleh Cyberspace Administration of China' dan telah dihapus dari App Store China," tulis Ndemic Creations dikutip detikINET dari The Verge.

"Situasi ini berada di luar kendali kami," sambungnya.

Ndemic Creations mengatakan, mereka akan mencoba untuk menghubungi Cyberspace Administration of China untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka juga tidak tahu jika penghapusan ini terkait virus corona atau tidak.

"Tidak jelas bagi kami apakah penghapusan ini terkait wabah virus corona yang terus berlanjut di China, tapi faktor pendidikan Plague Inc. telah berulang kali dikenali oleh organisasi seperti CDC," jelas Ndemic Creations.

Pada 2013, CDC memang pernah mengundang pendiri Ndemic Creations James Vaughan untuk berbicara tentang bagaimana game seperti Plague Inc. bisa memberikan informasi tentang epidemi penyakit kepada publik.

Sementara itu, saat ini Ndemic Creations tetap akan memberi dukungan dan update untuk Plague Inc. di luar kawasan China daratan, di mana game tersebut masih tersedia.

Pada akhir Januari lalu, game Plague Inc. tiba-tiba memuncaki App Store China bersamaan dengan merebaknya virus corona. Ndemic Creations pun memberikan peringatan kepada pemainnya bahwa walau game tersebut dibuat serealistis dan seinformatif mungkin, selalu cari informasi yang sahih lewat otoritas kesehatan.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)