Sony dan Facebook Tarik Diri dari Game Developers Conference 2020

Sony dan Facebook Tarik Diri dari Game Developers Conference 2020

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 21 Feb 2020 15:24 WIB
SAN FRANCISCO, CALIFORNIA - MARCH 20: Attendees play games on the new Stadia gaming platform at the Google booth at the 2019 GDC Game Developers Conference on March 20, 2019 in San Francisco, California. The GDC runs through March 22. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Game Developers Conference 2019. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Sony dan Facebook memastikan tak akan ikut serta di Game Developers Conference (GDC) 2020 karena ancaman virus corona (COVID-19).

GDC 2020 dijadwalkan digelar pada 16 sampai 20 Maret mendatang di Moscone Center, San Francisco, Amerika Serikat. Konferensi ini biasanya diramaikan oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan di industri video game.

Facebook, dan Oculus, sejatinya adalah sponsor di sejumlah acara serta diskusi panel di konferensi tersebut. Kini setelah mengundurkan diri, mereka hanya akan menghadiri diskusi panel tersebut lewat dunia maya.

"Demi menjaga kesehatan dan keamanan para pegawai, partner developer, dan komunitas GDC, Facebook tak akan menghadiri Game Developers Conference tahun ini karena meningkatnya risiko kesehatan terkait COVID-19," tulis Facebook dalam keterangannya.

"Kami tetap berencana untuk membagikan sejumlah pengumuman yang sudah dijadwalkan sebelumnya melalui video, sesi tanya jawab online, dan lainnya, dan juga berencana mengadakan pertemuan dengan para partner GDC secara remote dalam beberapa minggu ke depan," lanjutnya.

Facebook sendiri sebelumnya juga membatalkan konferensi tahunannya sendiri, yaitu Global Marketing Summit, karena ancaman virus corona. Acara tersebut sebelumnya juga dijadwalkan akan diadakan di Moscone Center, seminggu sebelum GDC 2020.

Sementara Sony, lewat juru bicaranya, mengaku memprioritaskan keamanan karena negaranya juga sudah memberlakukan pembatasan perjalanan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami sudah membuat keputusan sulit untuk membatalkan partisipasi kami di Game Developers Conference karena meningkatnya masalah terkait COVID-19 (coronavirus)," tulis Sony dalam keterangannya.

"Kami merasa ini adalah opsi terkait untuk situasi yang terkait virus dan pelarangan perjalanan internasional yang setiap hari berubah. Kami kecewa harus membatalkan partisipasi ini, namun kesehatan dan keamanan pegawai global kami adalah hal yang paling penting. Kami siap kembali berpartisipasi di GDC yang akan datang," lanjutnya.

GDC Tetap Diadakan
Meski dua perusahaan besar sudah membatalkan partisipasinya, penyelenggara GDC tetap akan mengadakan gelaran tersebut, dengan sejumlah langkah pencegahan.

"Tim GDC terus mengikuti perkembangan terkait Novel Coronavirus karena kami sangat menganggap serius kesehatan dan keamanan komunitas pengembangan game kami," tulis penyelenggara GDC di keterangannya.

Langkah pencegahan yang dilakukan antara lain adalah dengan mengikuti aturan karantina yang ditetapkan oleh pemerintah AS serta petunjuk dari Kementerian Kesehatan AS, WHO, dan CDC.

"Kami yakin kalau Game Developers Conference akan mengikuti acara-acara internasional besar lain yang pernah diadakan di Moscone Center," lanjutnya.

Sony dan Facebook Tarik Diri dari Game Developers Conference 2020


Simak Video "Penampakan dan Jeroan PlayStation 5 yang Menggoda Iman"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)