Senin, 17 Feb 2020 17:15 WIB

Harga PlayStation 5 Bakal Tembus Rp 6 Juta?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Logo PS5 Logo PS5. Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Banyak yang menunggu kehadiran Sony PlayStation 5 (PS5) yang bakal dirilis pada akhir 2020 ini. Harga konsol tersebut diperkirakan bakal menembus Rp 6 juta.

Dilansir Bloomberg, Senin (17/2/2020), Sony saat ini tengah berusaha mengatur harga PS5 agar bisa serendah mungkin. Namun hal tersebut sulit dilakukan karena tingginya harga-harga komponen yang dipakai.

Alhasil harga yang ditetapkan Sony untuk PS5 -- untuk saat ini akan berkisar di angka USD 470 atau sekitar Rp 6,2 juta. Sementara modal yang dibutuhkan untuk membuat PS5 itu adalah USD 450.

Namun menurut sumber yang dikutip Bloomberg, Sony masih menunggu untuk memutuskan apakah mereka akan menggunakan harga dengan tingkat keuntungan yang minimal, atau malah menjual PS5 dengan harga di bawah harga modal, alias jual rugi.

Masalah utama yang menyebabkan harga PS5 tinggi ini adalah pasokan chip memori DRAM dan NAND yang saat ini sedang tinggi-tingginya. Hal ini adalah dampak dari permintaan chip yang tinggi karena juga dipakai untuk ponsel.

Sebagai perbandingan, saat Sony merilis PS4 pada 2013, harga yang dipatok untuk konsol tersebut adalah USD 399, dengan perkiraan harga dasarnya adalah USD 381. Sementara PS4 Pro saat dirilis harganya sama, yaitu USD 399.

Harga PlayStation 5 Bakal Tembus Rp 6 Juta?


Simak Video "PlayStation 5: Jeroan SSD hingga Kontroler dengan Teknologi Haptic"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)