Jumat, 07 Feb 2020 14:57 WIB

Dan Houser, Otak di Balik Grand Theft Auto Pamitan

Rachmatunnisa - detikInet
Dan Houser co-founder Rockstar Games Dan Houser, pendiri Rockstar Games dan otak utama seri Grand Theft Auto. Foto: Somag News
Jakarta -

Dan Houser, salah satu pendiri Rockstar Games, akan meninggalkan jabatannya pada Maret 2020. Pamitnya Dan tentunya sebuah kehilangan besar, karena dia adalah otak utama di balik seri game terlaris Grand Theft Auto (GTA) dan sejumlah game terkenal keluaran Rockstar Games lainnya, termasuk Red Dead Redemption.

Kabar ini datang dari induk perusahaan Rockstar Games, Take-Two Interactive. Dalam pernyataannya kepada investor pekan ini, Take-Two Interactive menyatakan bahwa Dan, yang saat ini menjabat sebagai Creative Vice President di Rockstar Games akan meninggalkan studio game yang didirikannya bersama adiknya Sam Houser, efektif per 11 Maret 2020.

Dikutip dari The Guardian, keputusan ini diambil Dan setelah sebelumnya mengambil cuti panjang sejak musim semi tahun lalu. Sementara itu, adiknya Sam, akan tetap menjadi President of Rockstar Games.

Dan mulai membuat seri GTA yang inovatif saat bekerja untuk BMG Interactive, penerbit dua judul GTA pertama. Ketika BMG diakuisisi Take-Two Interactive, Houser bersaudara ini membentuk Rockstar Games untuk melanjutkan seri tersebut.

Di bawah pengawasan keduanya, GTA 3 mengalami peningkatan visual dan lingkup permainan secara signifikan. Selama 20 tahun berikutnya, Dan memimpin tim kreatif dalam serial ini, bekerja sama dengan tim narasi kecil, dan juga menulis untuk Max Payne dan Red Dead Redemption.

Pada 2018, Dan mengatakan butuh 100 minggu waktu kerja yang melelahkan untuk menyelesaikan Red Dead Redemption 2. Pernyataan ini menimbulkan kontroversi di industri game di mana crunch culture, ekspektasi staf bekerja berjam-jam selama berbulan-bulan dalam pengembangan game untuk memenuhi tenggat waktu, sedang menjadi topik hangat. Rockstar Games kemudian mengklarifikasi komentar Dan tersebut dengan mengatakan jam-jam ini dilakukan oleh tim penulis inti dan bukan seluruh staf studio game.

Selama menjadi otak utama GTA, Dan tak sekadar membuat cerita game, namun menyajikannya dalam sebuah karya seni. Dia mengawasi penuh desain naratif judul GTA, menggambarkan budaya jalanan New York dan Los Angeles dan menyindir kehidupan kota modern.

"Bagi kami, ini dimulai dengan karakter. Selalu terasa seperti seseorang yang kalian inginkan didorong melalui dunia permainan. Kemudian kita akan menemukan pemeran yang keren, menarik dan lucu untuk menyandingkan mereka, dan memastikan kita mendapatkan berbagai karakter yang bagus. Jika prosesnya terasa organik bagi kami, artinya kami melakukannya dengan benar," kata Dan dalam sebuah wawancara dengan The Guardian pada sekitar 2012 silam.

Tidak ada penjelasan khusus mengenai pamitnya Dan Houser dari studio game didirikan sekaligus membesarkan namanya. Pengumuman mengenai hal ini hanya dibarengi dengan Take-Two Interactive mengajukan laporan hasil keuangan kuartal ketiga dan pemberitahuan kepada para investor bahwa keputusan ini akan ditindaklanjuti.



Simak Video "Gila! Prajurit AS Keliling Kota Naik Kendaraan Lapis Baja Curian"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)