Plague Inc Minta Gamer Jangan Cari Info Virus Corona dari Game

Plague Inc Minta Gamer Jangan Cari Info Virus Corona dari Game

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 03 Feb 2020 14:39 WIB
Plague Inc
Plague Inc Minta Gamer Jangan Cari Info Virus Corona dari Game Foto: Ndemic Creations
Jakarta -

Sejak meluasnya wabah virus corona, popularitas game Plague Inc ikut menanjak. Bahkan game yang dikembangkan Ndemic Creations ini sempat menjadi aplikasi paling laris di China beberapa waktu yang lalu.

Ndemic Creations pun menyadari game buatannya selalu mendadak populer setiap ada wabah penyakit. Mereka pun meminta gamer agar mencari informasi tentang virus corona dari sumber yang bisa dipercaya dan bukan dari game.

"Selalu ingat bahwa Plague Inc adalah game, bukan model ilmiah dan bahwa wabah virus corona adalah situasi yang sangat nyata dan mempengaruhi banyak orang," tulis Ndemic Creations dalam keterangannya, yang dikutip detikINET dari Asia One, Senin (3/2/2020).

"Kami selalu menyarangkan pemain untuk mencari informasi langsung dari otoritas kesehatan lokal dan global," sambungnya.

Tidak hanya itu, Ndemic Creations juga mengatakan mereka banyak mendapatkan pertanyaan dari pemain dan media.

Ndemic Creations adalah developer asal Inggris yang meluncurkan Plague Inc pada tahun 2012. Saat ini game tersebut tersedia untuk berbagai platform mulai dari PC, Android, iOS maupun konsol.

Walau sudah beredar selama delapan tahun, Ndemic Creations selalu melihat melonjaknya popularitas Plague Inc saat ada wabah penyakit baru. Hal ini didasari rasa ingin tahu orang banyak tentang bagaimana kompleksnya penyebaran penyakit dan wabah.

Di game bergenre real time strategy ini, pemainnya ditugaskan untuk menyebarkan patogen berbahaya termasuk mengatur strategi untuk cara penyebarannya. Pemainnya pun harus mengatur strategi untuk menghadapi langkah dari pemerintah dan peneliti yang mau melawan ancaman global tersebut.

Plague Inc sendiri dirancang serealistis dan seinformatif mungkin. Sehingga game ini telah diakui oleh Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) dan otoritas kesehatan dunia lainnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)