Layar Lebar Bikin Mata Gamer Cepat Rusak? Ini Kata Dokter

Layar Lebar Bikin Mata Gamer Cepat Rusak? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikInet
Jumat, 31 Jan 2020 09:30 WIB
CHIBA, JAPAN - SEPTEMBER 20:  A booth attendant plays a video game on a smartphone during the Tokyo Game Show 2018 on September 20, 2018 in Chiba, Japan. The Tokyo Game Show is held from September 20 to 23, 2018.  (Photo by Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta -

Ada gamer yang menyukai perangkat dengan ukuran layar yang lebar. Dokter mata menjelaskan kemungkinan dampaknya untuk mata.

Biasanya seorang gamer akan memilih perangkat yang terbaik demi mendapatkan performa maksimal. Soal layar misalnya, beberapa gamer sengaja memilih perangkat dengan ukuran layar terlebar dengan alasan agar bisa mendapat keuntungan visual daripada lawan.

Bahkan kadang ada gamer atau streamer yang menghubungkan beberapa monitor demi mendapatkan layar super lebar dan visual yang luas.

Terkait hal tersebut muncul pertanyaan apakah layar yang lebar ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata?

dr Nina Asrini Noor, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) menjelaskan sebenarnya belum ada studi yang mengonfirmasi risiko lebar layar untuk mata. Namun demikian masalah seperti mata kering hingga mata lelah mungkin saja lebih mudah terjadi ketika layar menuntut aktivitas visual yang tinggi.

"Tidak ada studi yang mematok berapa ukuran (layar) yang lebih baik. Tapi dikatakan yang memengaruhi gejala seperti mata kering tadi adalah visual activitynya," kata dr Nina saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

"Tentu ada game yang gerakannya sangat aktif. Apabila monitornya banyak, semakin visual activitynya high demand, maka risiko akan semakin besar," lanjutnya.

Ketika mata intens menatap layar, secara tidak sadar seseorang bisa mengurangi frekuensi berkedip. Dampaknya kualitas air mata jadi berkurang sehingga permukaan mata rentan kering.

Tanda-tanda mata kering ini menurut dr Nina bisa muncul dengan gejala perasaan perih, gatal, mengganjal, hingga tiba-tiba hilang fokus saat bermain game.

Layar Lebar Bikin Mata Gamer Cepat Rusak? Ini Kata Dokter


Simak Video "Bersaing dengan ROG Phone, Bagaimana Strategi Black Shark Rebut Hati Gamer?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fyk)