Selasa, 28 Jan 2020 21:40 WIB

Virus Corona dan Cocoklogi Game Resident Evil

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Resident Evil 6 Virus Corona dan Cocoklogi Game Resident Evil (Istimewa)
Jakarta -

Wabah virus corona membuat penggemar game Resident Evil ramai di Twitter. Wabah ini dianggap kejadian nyata dari apa yang terjadi di game survival horor tersebut.

Kalau melihat Twitter dan aneka blog soal game, wabah virus corona dikait-kaitkan dengan game Resident Evil. Ini gegara ada beberapa hal dan situasi yang mirip. Namun sebenarnya ini seperti cocoklogi belaka.

Apa saja yang jadi pembahasan para gamer? Dihimpun detikINET, Selasa (28/1/2020) ini dia di antaranya:

1. Isolasi Kota Wuhan ala Raccoon City

Kota Wuhan kini diisolasi terkait wabah virus corona di China. Semua orang diminta tidak keluar rumah. Wuhan bagaikan kota mati.

Netizen menyamakan situasi ini dengan Raccoon City, kota fiktif dalam game Resident Evil. Akibat wabah yang bocor dari laboratorium perusahaan Umbrella Corp, Raccoon City pun jadi kota mati, karena penduduknya jadi zombie.



2. Ada laboratorium virus di Wuhan

Faktanya memang di Kota Wuhan ada laboratorium untuk patogen paling berbahaya. Namanya Wuhan National Biosafety Laboratory atau juga disebut sebagai Wuhan Institute of Virology.

Tak ayal, fans game Resident Evil menyamakan tempat ini sebagai Umbrella Corp. Perusahaan jahat di dalam game yang membuat senjata virus berbahaya.



3. Beredar foto misinformasi tentang logo Umbrella di Wuhan


Di Twitter beredar foto yang diklaim sebagai laboratorium di Wuhan yang logonya mirip dengan Umbrella Corp di game Resident Evil. Ini adalah foto yang misinformatif dan cocoklogi.

Faktanya, itu bukan logo laboratorium di Wuhan, melainkan di Shanghai. Terkait bentuk logonya yang sama, cuma beda warna, memang begitulah adanya.

4. Corona adalah anagram dari 'Racoon' City

Cocoklogi keempat yang dilakukan para gamer penggemar Resident Evil adalah, mereka bilang nama virus Corona adalah anagram dari Racoon. Anagram adalah permainan huruf menjadi kata-kata yang lain, Corona = Racoon.


Faktanya, anagram ini agak maksa sih. Dalam game Resident Evil, kota yang dimaksud adalah Raccoon City, dengan 2 huruf 'C'.

Hmmm, ketimbang cocoklogi semacam ini, ada baiknya para gamer menunjukkan simpati terhadap wadah virus corona ya!



Simak Video "Tembus 1.800 Orang Tewas Akibat Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)