Main Game Lebih Banyak Mudaratnya, Kata Siapa?

Main Game Lebih Banyak Mudaratnya, Kata Siapa?

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 21 Des 2019 17:18 WIB
Ilustrasi main game. Foto: Istimewa
Jakarta - Main game itu buruk, bisa bikin pemainnya jadi malas, tidak produktif, mata minus, pokoknya lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya. Sering dengar pernyataan seperti ini? Untungnya, stigma tersebut berangsur luntur belakangan ini.

Nyatanya, banyak sisi positif dari game dan para pemainnya sendiri yang mencuat ke permukaan. Yang menarik, selain game kini dijadikan profesi, ada juga yang memanfaatkannya untuk berbuat kebaikan. Game bahkan membuka peluang bisnis yang besar dan membuka banyak lapangan pekerjaan.



Salah satu contoh yang menarik adalah YouTuber Ani Nurhayani. Bersama dengan BenihBaik.com dan developer game Indonesia Maingame.com, Ani berupaya mengubah citra buruk game dengan meluncurkan beberapa game unik, salah satunya BenihBaik Match.

(BELUM ADA FOTO) Main Game Lebih Banyak Mudaratnya, Kata Siapa? Foto: MainGame.com


Game ini memiliki visi kebaikan dan dapat mengajak para pemain untuk berdonasi. Sebagian keuntungan BenihBaik Match akan didonasikan melalui BenihBaik.com untuk renovasi Yayasan Madinah Darul Barokah yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat.

Yayasan ini didirikan oleh seorang polisi aktif bernama Budiman yang berawal dari niat membantu pendidikan anak yatim piatu serta kaum dhuafa di sekitar lokasi tersebut.

"Game selama ini berkonotasi negatif. Dari dicap sebagai salah satu penyebab turunnya nilai di sekolah, sampai menambah minus kacamata. Kami dari MainGame.com ingin mengubah image buruk itu, kami berkerja sama dengan BenihBaik.com dan YouTuber gamer positif seperti kak Ani Nurhayani, agar masyarakat juga tahu banyaknya sisi positif main game," kata CEO MainGame.com Anton Soeharyo, dalam keterangan tertulis.

"Main game di MainGame.com kali ini bisa juga untuk membantu sesama manusia, menebarkan benih kebaikan kepada masyarakat luas," sambungnya.

Andy F Noya selaku CEO BenihBaik.com juga menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, dunia digital sekarang ini adalah sebuah keniscayaan, termasuk dalam dunia game.

(BELUM ADA FOTO) Main Game Lebih Banyak Mudaratnya, Kata Siapa? Foto: MainGame.com


"Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dan mengaturnya agar main game ini lebih memberikan manfaat ketimbang mudaratnya. Di sini teman-teman dari MainGame.com mengajak bermain sambil membantu sesama. Tidak berarti kami mengajak untuk main game sebanyak-banyaknya, tetapi main game sambil membantu yang membutuhkan," ujarnya.



Selain bekerja sama dengan Maingame.com untuk menjangkau lebih banyak orang yang akan disumbang dan para donatur, BenihBaik.com juga sudah bekerja sama dengan berbagai kalangan mulai dari provider telekomunikasi, kementerian, bank, hotel, hingga merchant atau produsen makanan dan layanan dompet digital.

Simak Video "SEGA Segera Rilis Game Gear Mini Seharga Rp 650 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)