Rahasia Atlet eSport Tetap Sehat Meski Main Game Terus

Rahasia Atlet eSport Tetap Sehat Meski Main Game Terus

Akfa Nasrulhak - detikInet
Minggu, 15 Des 2019 18:02 WIB
Foto: (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta - Bermain game di komputer atau di ponsel, bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan. Namun, kecanduan game bisa berbahaya untuk kesehatan. Bahkan atlet eSport saja mengatur waktu main game.

Sebagian orang menganggap eSport tak ada bedanya dengan game-game lain kebanyakan. Padahal, eSport sudah menjadi cabang olahraga terbaru yang mendapatkan perhatian luas dari penduduk dunia saat ini. Lantas, bagaimana seorang atlet eSport bermain game? Berikut beberapa tips agar main game bisa tetap sehat:

1. Batasi Waktu Main Game

Kalau sudah enak main game kadang orang lupa waktu untuk berhenti dan melakukan kegiatan berguna lain. Nah, biasanya atlet mengatur main game dalam waktu sekitar 2-3 jam sampai habis baterai sekitar 2-3 jam. Setelah itu mereka istirahat makan dan salat. Setelah baterai penuh, mereka bermain lagi selama 2-3 jam lalu istirahat lagi.


Main game terlalu lama dapat berdampak buruk pada tubuh kita, karena otak yang konsentrasi penuh pada game akan mengabaikan kegiatan penting atau kebutuhan tubuh seperti makan, minum, ibadah, mandi, tidur, istirahat, olahraga, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Terkadang orang baru sadar setelah main game terasa pusing.

2. Hindari Game Sulit yang Memancing Emosi

Game yang susah terkadang bikin kita kesal dan akhirnya emosi dan marah-marah tidak jelas. Pencetan dan joystick pun bisa jadi sasaran kalau lagi kalap dan bisa dibanting, dipukul, diinjak, dan beragam tindak kejam lainnya.

Tidak hanya perangkat game saja yang jadi rusak. Tangan, kaki dan badan pun bisa sakit kalau melakukan tindak kekerasan pada benda mati yang keras dan padat. Hentikan main game jika sudah emosi dan langsung nonton televisi atau kegiatan lain untuk meredam amarah.

3. Ajak Orang Lain Main Bersama

Main game beramai-ramai jauh lebih baik daripada main sendirian. Dengan mengajak teman, keluarga, tetangga, dan sebagainya main game kita akan mempererat hubungan kita dengan orang lain. Tentunya, selama game yang dimainkan cocok untuk dimainkan bersama-sama dan tidak bikin emosi.

Para atlet eSport pun membagi waktu untuk bermain game sendiri dan dengan tim mereka. Misalnya latihan siang hari untuk mengasah skill individual. Sementara latihan tim difokuskan pada malam hari. Setelah itu adalah anggota tim memiliki kegiatan sendiri-sendiri sampai waktunya tidur nanti, yang berbeda-beda setiap orang. Yang penting, esok harinya, mereka siap berlatih lagi.


Nah selain itu, biar kamu nggak habis kuota karena main game online di ponsel, manfaatkanlah bonus kuota dari AXIS. AXIS bakal ngasih kejutan buat para pelanggan agar bisa dapat bonus kuota internet unlimited setiap harinya lewat aplikasi AXISnet, khususnya buat main game tertentu seperti bermain Mobile Legend, Freefire, AOV, Vainglory, L2R, ModernCombat5, Hago, ASPALT9, Nimo TV.

Simak Video "Alasan XL Tak Gabungkan Aplikasinya dengan AXISnet"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)