Sabtu, 14 Des 2019 06:03 WIB

Microsoft Pamer Xbox Series X

Anggoro Suryo Jati, Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Xbox Foto: Xbox
Jakarta - Microsoft akhirnya resmi memperkenalkan Xbox generasi terbaru, yang bernama Xbox Series X. Konsol ini punya bentuk yang lebih mirip PC ketimbang Xbox seri sebelumnya.

Series X dipamerkan di ajang Game Award, di mana Microsoft memperlihatkan video trailer yang menunjukkan desain baru konsol yang unik ini. Series X didesain untuk dipakai secara vertikal ataupun horizontal, dan dijanjikan punya performa jauh lebih kencang ketimbang Xbox One X.

"(Series X) akan memberikan kekuatan pemrosesan empat kali lebih besar dari Xbox One X namun tetap sunyi dan efisien," ujar bos Xbox Microsoft Phil Spencer.

Game yang digunakan Microsoft untuk memamerkan Series X adalah Hellblade 2, game baru dari Ninja Theory yang tengah dikembangkan untuk konsol tersebut. Meski sudah mengungkap desainnya, Microsoft tak membeberkan spesifikasi lengkap dari konsol tersebut.


Series X bakal menggunakan CPU custom yang berbasis pada AMD Zen 2 dan GPU dengan arsitektur Radeon RDNA. Soal storage, Microsoft pun akhirnya meninggalkan hardisk konvensional dan menggantinya dengan SSD NMVe yang jauh lebih kencang.

Konsol ini juga bakal mendukung game dengan resolusi 8K dan frame rate yang mencapai 120 fps, lengkap dengan ray tracing dan dukungan refresh rate variabel, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (13/12/2019).

Performa GPU di konsol ini tak diungkap secara spesifik, tapi Spencer mengungkap sedikit informasi mengenai hal itu. Ia mengaku ingin memberikan peningkatan yang sangat besar dibanding Xbox One.

"Saat kami kalkulasi, kami mendapat delapan kali lipat tenaga GPU dibanding Xbox One, dan dua kali lipat dibanding Xbox One X," ujar Spencer.


Sebagai informasi, Xbox One X punya performa GPU sebesar 6 teraflop, jadi seharusnya Series X bakal mempunyai kemampuan GPU sebesar 12 teraflops.

Dari segi dimensi, menurut GameSpot, Series X bodinya hanya selebar kontroler Xbox One, dan tingginya sekitar tiga kali lipatnya. Dan Series X juga dilengkapi kontroler baru, namanya Xbox Wireless Controller.

"Ukuran dan bentuknya sudah diperbarui untuk mengakomodasi (bentuk tangan) lebih banyak orang," ujar Spencer. Ukurannya sedikit lebih kecil namun tetap mempunyai trigger rumble, serta tetap bisa digunakan di PC berbasis Windows 10.

Xbox Series X bakal mulai dijual pada musim liburan 2020, alias akhir tahun depan.

Simak Video "Microsoft Pamerkan Spesifikasi Xbox Series X"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)