Selasa, 03 Des 2019 19:00 WIB

PlayStation Genap Berusia Seperempat Abad

Fino Yurio Kristo - detikInet
Edisi pertama PlayStation. Foto: Internet Edisi pertama PlayStation. Foto: Internet
Jakarta - Tanggal 3 Desember, pada 25 tahun yang lalu, menandakan kehadiran Sony di kancah konsol game dengan meluncurkan untuk pertama kalinya PlayStation di Jepang. Tak butuh waktu lama, PlayStation langsung jadi idaman.

PlayStation memberikan pengaruh yang masif dalam industri game. Salah satunya menjadi konsol game pertama yang mampu mencapai penjualan 100 juta unit di seluruh dunia.

Kendati sudah sejak tahun 1994 hadir di Jepang, PlayStation baru membuka diri ke luar negeri tepatnya pada 9 September 1995 di wilayah Amerika Utara. Menyusul kemudian 29 September 1996 di Eropa.


Sampai saat ini, sudah ada empat generasi konsol PlayStation yang diluncurkan oleh Sony. Dan bisa dibilang, piranti ini sudah menjadi konsol game lintas generasi yang masih bertahan dan tetap digemari banyak orang.

Ya, sampai saat ini PlayStation masih dipuji bayak orang sebagai konsol game terbaik. Sama seperti menuai komentar positif ketika dahulu menjadi perangkat game pertama yang mengadopsi CD dan mengalihkan perhatian gamers dari PC.

Penjualannya pun selalu memuaskan. PlayStation 2 yang rilis tahun 2000 merupakan konsol game terlaris sepanjang masa, laku 155 juta unit.

Adapun PS4 yang dirilis pada tahun 2013 adalah konsol tercepat yang mampu menembus jumlah terjual 100 juta unit. Namun demikian, tingkat penjualannya memang sudah melambat.


Di sisi lain, sebanyak 876 juta unit game PS4 terjual sampai akhir 2018. Sejauh ini di tahun 2019, jumlah itu bertambah 158,9 juta unit yang berarti jumlahnya hampir mencapai 1 miliar game.

Tahun depan tepatnya menjelang akhir tahun, Sony sudah memastikan akan merilis suksesor PS4 yaitu PlayStation 5 yang sudah cukup lama dinantikan mengingat PS4 telah beredar 6 tahun lamanya.

Simak Video "PlayStation 5: Jeroan SSD hingga Kontroler dengan Teknologi Haptic"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)