Sabtu, 09 Nov 2019 20:59 WIB

Cara Hindari Mata Minus ala Pemain eSport Profesional

Aisyah Kamaliah - detikInet
Tips hindari mata minus meski suka main game. Foto: Shutterstock Tips hindari mata minus meski suka main game. Foto: Shutterstock
FOKUS BERITA Bahaya Kecanduan Game
Jakarta - Kesehatan mata seperti mata minus adalah hal yang ditakutkan oleh orang jika kebanyakan main game. Richard Bryan dari RRQ Poseidon adalah pro gamer tapi matanya normal tuh. Kok bisa sih Richard?

"Jadi kami di atur paling nggak minimal 8 jam udah kayak kerja, jadi dikasih break jam. Paling nggak 6-8 jam per hari," jelasnya di sela acara Grand Final UniPin SEACA 2019 kemarin, Jumat (8/11/2019).

Selain itu pola makan juga harus diatur. Ia menyarankan untuk sering mengonsumsi makanan seperti wortel dan buah-buahan. Istirahat juga menjadi kunci, tidak boleh berlebih dan tidak boleh kurang.


"Kalau main juga jangan terlalu dekat dan jangan di tempat gelap," sambungnya.

Pada 2018, WHO secara resmi mengatakan kecanduan game adalah bentuk penyakit atau masalah kesehatan jiwa. Bermain game memang bisa mengeluarkan dopamin yang mana bisa membuat orang merasa senang.

Karena itu wajar saja kalau banyak orang yang menyukai bermain game.

Yang perlu dicatat, gejala kecanduan game bisa meliputi kehilangan minat untuk kehidupan sosial, merasa gelisah atau terganggu kalau tidak bisa bermain game, bahkan berbohong kepada teman dan keluarga tentang berapa lama bermain game.



Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)
FOKUS BERITA Bahaya Kecanduan Game