Jumat, 25 Okt 2019 16:59 WIB

Harga PlayStation 5 Bocor, Berapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Sony telah mengumumkan PlayStation 5 akan meluncur resmi pada musim belanja tahun 2020 atau menjelang akhir tahun. Harga dari suksesor PlayStation 4 itu telah bocor.

Dikutip detikINET dari BGR, sebuah retailer game di Slowakia bernama ProGamingShop mengklaim PlayStation 5 akan dibanderol 499 Euro atau sekitar Rp 7,7 juta.

Jika benar demikian, berarti harga awal PS5 lebih tinggi dari PS4 yang di Eropa kala itu dibanderol 340 Euro. Tentunya bocoran harga tersebut belum pasti benar dan bisa berbeda-beda di tiap negara.


Selain harga, tanggal pasti rilis PlayStation 5 pun sudah menyeruak. Awalnya diprediksi konsol ini akan dirilis pada pertengahan November 2020, akan tetapi berubah menjadi awal Desember. Kenapa?

Alasannya, Sony ingin mendapatkan sebanyak mungkin chip AMD sebanyak mungkin, yang akan menjadi dapur pacu PS5. AMD memang akan menyediakan CPU dan GPU PS5 maupun generasi baru Xbox dari Microsoft.

Menurut bocoran, PS5 akan menggunakan CPU eight-core yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini.


Harga PlayStation 5 Bocor, Berapa?
(fyk/fay)