Selasa, 15 Okt 2019 14:40 WIB

Layanan Streaming Game Microsoft xCloud Sudah Bisa Dijajal

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Microsoft Foto: Dok. Microsoft
Jakarta - Microsoft meresmikan layanan streaming game-nya yang bernama Project xCloud, meski masih pada tahap pratinjau yang terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, dan Korea.

Mereka mulai mengajak para pengguna untuk berpartisipasi dalam masa pengujian itu untuk memainkan sejumlah game yang mereka sediakan. Game tersebut adalah Gears 5, Halo 5: Guardians, Killer Instinct, dan Sea of Thieves.

"Masa pratinjau publilk adalah tahap yang kritis untuk mewujukan ambisi bertahun ke belakang dalam menghadirkan layanan game streaming secara global dengan skala dan kualitas pengalaman yang layak didapat oleh komunitas gaming," ujar Kareem Choudhry, bos cloud gaming Microsoft.

"Sudah saatnya menguji Project xCloud dengan kapasitas yang lebih besar, dengan bermacam gamer, perangkat, jaringan, dan berbagai skenario di dunia nyata," tambahnya.


Untuk menguji layanan ini, Microsoft sudah mulai membuka keran pendaftaran sejak bulan lalu. perangkat yang dibutuhkan adalah ponsel atau tablet Android dengan OS Android 6.0 ke atas dengan dukungan Bluetooth 4.0, akun Microsoft, dan kontroler Xbox One Bluetooth.

Ke depannya Microsoft juga berencana untuk menambah daftar game yang ada di xCloud ini selama masa pratinjau. Di saat yang sama Microsoft pun bekerja sama dengan penyedia layanan internet untuk menguji layanan streaming gamenya ini.

Sebelumnya Microsoft sudah menjalin kerja sama 5G dengan operator SK Telecom di Korea Selatan, dan T-Mobile di AS, serta Vodafone di Inggris untuk mengoptimasi penggunaan xCloud di jaringan mobile para operator tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (15/10/2019).

"Jaringan mobile saat ini adalah bagian penting dari konektivitas global, jadi kami akan bekerja keras untuk memastikan para gamer mendapat pengalaman yang hebat dan Project xCloud sudah dioptimasi untuk bermacam konfigurasi jaringan yang berbeda," tambah Choudhry.

Layanan Streaming Game Microsoft xCloud Sudah Bisa Dijajal


Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)