Minggu, 13 Okt 2019 15:04 WIB

Bekraf: Game Lokal Bisa Sejajar dengan Free Fire

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menilai bahwa game lokal sudah banyak berkembang. Ke depannya, Bekraf menyakini kalau game tersebut bisa mendunia, bahkan sejajar dengan Free Fire.

"Kalau dilihat dari sisi ekonomi jelas (menguntungkan-red) karena melibatkan banyak ekosistem," jelas Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif, dalam Kick Off Piala Presiden eSports 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).

Munaf menuturkan para pengembang game di Indonesia sudah terbentuk ekosistemnya dengan sendirinya. Dengan sendirinya pula, bisa menciptakan peluang ekonomi baru.



"Semua kementerian bantu, ini suatu semangat yang luar biasa, saya ingin game lokal kita bisa sejajar dengan Free Fire," tutupnya.

Di tempat yang sama, Giring Ganesha atau dikenal dengan nama panggungnya Giring Nidji, Kepala Piala Presiden eSports 2020 mengungkapkan bahwa ia sangat mendukung industri game lokal.

"Saya pemain game lokal berat dan menurut saya game lokal harus di-support. Bayangkan satu game saja kalau sudah mendunia bisa mendukung devisa negara yang begitu besar. Game delevoper lokal harus semangat!," ucapnya.



Karena itu, Giring memastikan Piala Presiden eSports 2020 mempertandingkan game, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020, satu game casual Mobile Premier League dan satu game lokal yang masih dikurasi.

Dari tahapan kurasi itu, kemudian terpilih lima game terbaik lokal yang menjadi kandidat game kompetisi ini, yakni Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl.



Simak Video "Harapan Bekraf: RUU Ekonomi Kreatif Sah, Developer Game Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)