Senin, 16 Sep 2019 21:40 WIB

5 Hal yang Hanya Dipahami Gamers 90'an

Aisyah Kamaliah - detikInet
Play Station jadul. Foto: Internet Play Station jadul. Foto: Internet
Jakarta - Zaman dulu waktu sebelum semua serba smart -- smartphone, smart TV -- ada banyak hal lain yang menyenangkan yang bisa dilakukan untuk pecinta game. Nyatanya, tahun 90-an insdustri game justru lagi marak-maraknya banget loh.

Nah, bagi kamu yang sudah lahir tahun 90'an, kamu pasti pernah mengalami satu dua tiga atau semua hal yang ada di bawah ini seperti dikutip detikInet dari The Gamer.


1. CD yang berseri-seri

Di tahun 90-an, game bertumbuh dengan sangat pesat dan ada banyak tambahan yang diperlukan salah satunya CD yang berseri. Kamu butuh CD lanjutannya untuk bisa menyelesaikan game yang bersambung untuk kembali berpetualang.

2. Memory card yang luar biasa tebal

Game zaman sekarang mah bisa menyimpan perjalanan mereka lewat cloud atau external hard drive. Di era dulu, pemain harus punya memory card yang super tebal untuk menyimpan data mereka. Kalau memory cardnya rusak, habis sudah nasib game yang sedang kita mainkan.



3. Bolak-balik PS

Kebiasaan ini aneh sebenarnya. CD yang nggak berputar atau masalah lain kadang bisa terselesaikan lewat cara yang aneh. Mulai dari menekan-nekan CD biar bisa 'normal' lagi atau membolak balik PlayStation mereka supaya berfungsi normal. Percaya nggak percaya tapi berhasil loh kadang.

4. Tiup-tiup memory card

Di era konsol awal-awal game membutuhkan memory card yang dimasukkan ke konsol. Ketika mulai keringat dingin data mereka tidak tersimpan atau tidak terbaca, biasanya pemain refleks melakukan ini -- berharap perjalanan panjang dia kemarin setelah main seharian hilang sia-sia.

Kadang, ini juga alasan untuk membersihkan memory card dari debu-debu atau kotoran.

5. Kabel yang ngeribetin

Jauh dari sebelum kabel HDMI smart television ada, gamers butuh cara untuk menyambungkan permainan mereka ke televisi lewat RF yang mengarahkan output sinyal oleh konsol ke dalam layar televisi. Kalau nggak bisa, TV-nya jadi nggak ada semut-semutnya gitu deh tampilannya.

Ada yang pernah alami lima hal serupa? Tos dulu sama detikInet!

Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)