Selasa, 20 Agu 2019 16:47 WIB

Membandingkan PUBGM Lite dan Free Fire

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Garena Free Fire Foto: Garena Free Fire
Jakarta - PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile versi Lite dirilis sebagai game yang ditujukan untuk ponsel dengan spek terbatas. Namun, bagaimana jika dibandingkan dengan game Battle Royale lain seperti Free Fire?

Dilihat dari ukuran file yang perlu diunduh, PUBGM Lite membutuhkan file instalasi sebesar 491 MB, sementara Free Fire lebih rendah, yaitu hanya 424 MB. Ukuran file yang lebih kecil ini membuat kedua game menarik untuk diinstal dan dimainkan di ponsel dengan spek terbatas.

Namun Free Fire menjanjikan bisa menghadirkan tampilan grafis yang lebih berkualitas meski ukuran file instalasinya lebih kecil. Berbeda dengan PUBGM Lite yang tak menampilkan efek pada air, rumput, rambut, pakaian, maupun detail seperti pada lipatan baju pemain, dan berbagai tekstur benda lain di dalam game. Dan Free Fire bisa tetap menghadirkan efek tersebut di dalam gamenya.


Sementara dari segi fitur, PUBGM Lite menghilang sejumlah fitur penting seperti clan, crew, personalisasi, dan jumlah peta. Fitur clan dan crew ini biasanya digunakan untuk bersosialiasi, dan Free Fire menyediakannya dalam bentuk fitur guild.

Fitur personalisasi pun dihilangkan dari PUBGM Lite, yang artinya pemain tak bisa menemukan skin untuk senjata, kendaraan, parasut, dan emotes dalam game ini. Fitur semacam ini masih bisa ditemukan di Free Fire.

PUBGM Lite menyuguhkan 1 jenis peta (Erangel) dan 2 mode (Casual dan War). Sementara itu, Free Fire menampilkan lebih banyak fitur yaitu 2 jenis peta (Bermuda dan Purgatory) dan 5 mode (Classic, Ranked Game, Zombie Invasion, Death Uprising, dan Custom Game).


Perbandingan keduanya juga ada dari sisi turnamen eSports. Berdasarkan data statistik eSports Charts April 2019, turnamen Free Fire World Cup 2019 ditonton sebanyak 1 juta penonton secara bersamaan, sementara PUBGM Star Challenge Final ditonton oleh 824 ribu penonton. Turnamen Free Fire itu juga diikuti perwakilan Indonesia yang berhasil mendapat gelar juara, sementara tak ada perwakilan dari Indonesia di turnamen PUBMG.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, ada juga testimoni dari dua orang YouTuber, yaitu Cukk Gaming dan EJ Gaming mengenai perbandingan PUBMG Lite dan Free Fire. Keduanya mengatakan hal yang relatif senada.

"Kemarin sempet nyobain gamenya karena penasaran. Tapi setelah beberapa game, gue masih lebih suka Free Fire sih. Menurut gue, Free Fire lebih oke grafisnya dibanding dengan PUBGM Lite yang punya ukuran lebih besar, namun ternyata tidak bisa memberikan grafis yang lebih baik yang manjain mata. Grafis itu sendiri penting buat gue, karena sangat mempengaruhi pengalaman bermain gue," ujar Cukk Gaming.

Sementara itu youtuber PUBG EJ Gaming mengatakan, "Setelah mencoba kemarin, untuk PUBGM Lite dibanding PUBGM secara file memang jauh lebih ringan, untuk grafisnya disamaratakan semua jadi frameratenya hanya mentok di 30fps, untuk gadget low end sih sangat membantu, kalau untuk high end malah jadi gak seru. Untuk fiturnya yang paling mencolok di aim assistnya, cukup membantu untuk player dengan gadget low end, tapi sangat mengganggu jika pemain ingin sampai tahap kompetitif."

Demikianlah fakta mengenai game mobile battle royale versi ringan ini. Nah, menurut detikers, mana yang lebih menarik dari keduanya?



Simak Video "Pertama Kalinya, Final PUBG Mobile Club Open Digelar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)