Jumat, 09 Agu 2019 11:03 WIB

Video Minecraft di YouTube Melonjak, 'PewDiePie Effect' Masih Ampuh

Aisyah Kamaliah - detikInet
PewDiePie. Foto: istimewa PewDiePie. Foto: istimewa
Jakarta - Minecraft memang sedang populer lagi belakangan ini. Hal ini membawa YouTuber gaming terkenal PewDiePie kembali ke dunia YouTube dengan konten seputar Minecraft. Ajaibnya, hal ini juga membuat lonjakan video Minecraft di platform tersebut.

Pada 2014, Minecraft menarik perhatian 91 juta pemain setiap bulannya. Kesuksesan ini juga dikarenakan maraknya video yang mengulas game besutan Mojang itu di Youtube. Minecraft pun melonjak menjadi kata kunci yang paling banyak dicari kedua di platform tersebut di 2014.

Nah, saat itu, Felix Kjellberg yang di YouTube dikenal dengan nama PewDiePie, akhirnya tertarik mencoba memainkan Minecraft. Ia pun terkejut karena ternyata game tersebut sangat menyenangkan untuk dimainkan.



Setelahnya, game ini semakin melejit, Kjellberg pun juga kian populer karenanya. Namun seiring berjalannya waktu, game ini sempat meredup. Namun seperti sudah disebutkan sebelumnya, kembali ramai dimainkan dalam kurun waktu terakhir.

Memanfaatkan momen, baru-baru ini, PewDiePie pun kembali ke YouTube dengan konten Minecraft setelah sekian lama meninggalkannya. Dari sini, mantra 'PweDiePie Effect' pun beraksi.

Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (9/8/2019), di tengah kepopuleran Minecraft yang naik lagi, banyak konten kreator yang pada akhirnya mengikuti jejaknya dan ikut meramaikan game Minecraft.

VidIQ, sebuah perusahaan yang mengembangkan alat analitik untuk konten kreator YouTube, menemukan bahwa Kjellberg adalah kreator yang berada di peringkat teratas untuk kata kunci Minecraf untuk saat ini, menurut ahli strategi konten Rob Wilson.

Itu berarti, ketika orang mencari istilah 'Minecraft', banyak video yang ada di halaman pertama adalah milik PewDiePie. Meski begitu, Wilson mengungkapkan lonjakan ini bukan semata-mata karena kembalinya PewDiePie ke Minecraft, akan tetapi bisa dibilang Kjellberg merupakan faktor besarnya.



"Ini juga yang menjelaskan mengapa beberapa YouTuber favorit kalian tiba-tiba kembali ke Minecraft, atau mulai mencoba-coba, dan mengikuti tren ini," kata Wilson.

Simak Video "Ada Atta Halilintar di 10 Besar YouTuber Pendapatan Terbanyak Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)