Rabu, 07 Agu 2019 19:20 WIB

Ninja Boyong 1 Juta Pengikut dari Twitch ke Mixer

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Robert Reiners/Getty Images Foto: Robert Reiners/Getty Images
Jakarta - Tyler 'Ninja' Blevins hanya butuh lima hari untuk memboyong 1 juta pengikutnya dari Twitch ke Mixer, platform streaming game milik Microsoft.

"Terima kasih atas dukungannya yang sangat luar biasa," kicau Ninja di akun Twitternya.


Mengingat Mixer adalah layanan streaming game yang masih sangat baru, pencapaian Ninja ini menunjukkan kalau popularitasnya memang sangat tinggi. Satu juta pengikut dalam waktu lima hari tentu adalah angka yang sangat tinggi, terlebih lagi popularitas Mixer yang masih rendah ketimbang Twitch.

Meski begitu, tak jelas berapa banyak pengikutnya itu yang masih bakal ada di Mixer setelah dua bulan, yaitu setelah promo gratis berlangganannya sudah habis dan mereka harus membayar biaya bulanan untuk bisa mendapat akses eksklusifnya.


Mixer memang memberikan dua bulan gratis berlangganan pada kanal milik Ninja, yang tujuannya tentu saja untu membawa pengguna baru sebanyak mungkin ke platform tersebut.

Namun saat promosinya itu sudah habis, biaya berlangganan yang harus dibayarkan adalah USD 6 atau sekitar Rp 85 ribu setiap bulannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (7/8/2019).

Jika jumlah pengikut Ninja di Mixer terus seperti ini, bisa saja ia memecahkan rekor pribadinya dalam waktu dekat. Sebelumnya ia mencatatkan 3 juta pengikut di YouTube dalam waktu satu bulan, tepatnya pada 2018 lalu saat ia mulai memainkan Fortnite. Kini, pengikut di akun YouTubenya sudah mencapai 22 juta, jauh lebih besar dari pengikutnya di kanal Twitch-nya.

Namun perlu diingat, YouTube dan Twitch punya satu hal yang tak dimiliki Mixer, yaitu basis penonton yang sangat besar. Mixer saat ini hanya mencatatkan 3% dari total game stream di internet, sementara Twitch mempunyai catatan sebesar 72%.

Perbedaan besar inilah yang menimbulkan anggapan kalau para pengikut Ninja di Mixer tersebut tak akan bertahan lama. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Guy 'Dr Disrespect' Beahm yang menyebut jumlah pengikut Ninja nantinya akan berkurang.

"Saya merasa kalau kecuali mereka merekrut beberapa nama besar lain, saya pikir jumlah penontonnya [Ninja] akan menurun," ujarnya dalam salah satu streamnya.

Menurutnya hal ini bukan disebabkan oleh Ninja ataupun konten yang dibuatnya, melainkan jumlah pengguna pada platform tersebut.

Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com