Senin, 29 Jul 2019 22:25 WIB

Seputar Kompetisi PUBG Dunia Berhadiah Rp 35 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Seputar PMCO Global Final 2019, Kompetisi PUBG Dunia Berhadiah Rp 35 miliar. Foto: Danang Sugianto/detikINET Seputar PMCO Global Final 2019, Kompetisi PUBG Dunia Berhadiah Rp 35 miliar. Foto: Danang Sugianto/detikINET
Jakarta - Industri eSport yang berkembang pesat belakangan ini turut diramaikan oleh sejumlah kompetisi bergengsi. Salah satunya adalah PUBG Mobile Club Open (PMCO) Global Final 2019 yang diadakan di Berlin, Jerman.

Putaran final kompetisi ini berlangsung pada tanggal 26-28 Juli 2019 dan diikuti oleh 16 tim dari seluruh dunia. Tim eSport asal China, TOP Esports berhasil memenangkan kompetisi ini dan mendapatkan hadiah sebesar USD 180 ribu atau sekitar Rp 2,5 miliar.


Ingin tahu informasi lebih lanjut seputar PMCO Global Final 2019? Simak fakta-fakta berikut ini yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Format Kompetisi

PMCO Global Final 2019 berlangsung tiga hari pada tanggal 26-28 Juli 2019. Babak ini diikuti oleh 16 tim yang berlaga dalam 16 pertandingan. Tapi sebelum putaran final ini, tim-tim yang berpartisipasi harus mengikuti babak kualifikasi dan penyisihan terlebih dahulu.

Kualifikasi untuk PMCO dilakukan di banyak negara dan kawasan. Sebut saja Asia Tenggara, Amerika Utara, Eropa, China, India, Korea, Jepang dan masih banyak lagi. Pemenang dari babak kualifikasi ini secara otomatis masuk ke putaran final, sedangkan tim-tim yang berada di peringkat dua hingga empat berhak mengikuti babak penyisihan.

Tahap kualifikasi untuk Asia Tenggara sendiri diadakan pada tanggal 22-23 Juni 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Perwakilan Asia Tenggara yang berhasil langsung menembus PMCO Global Final 2019 adalah RRQ Athena dari Thailand dan Bigetron dari Indonesia.

Setelah itu, babak penyisihan diikuti oleh 16 tim dari 10 kawasan yang berlangsung di Berlin, Jerman pada tanggal 20-21 Juli 2019. Lima tim terbaik dari babak penyisihan dapat mengikuti putaran final bersama 11 tim yang telah masuk babak final sebelumnya.

2. Jumlah Hadiah

PMCO 2019 menawarkan total hadiah sebesar USD 2,5 juta atau sekitar Rp 35 miliar. Tentunya pembagian hadiah ini telah disebar pada tiap tahap kualifikasi yang diadakan di seluruh dunia.

Untuk babak finalnya sendiri, total hadiah yang ditawarkan adalah USD 400 ribu atau sekitar Rp 5,6 miliar.

3. Dijuarai Tim China

Setelah tiga hari kompetisi, tim eSport asal China TOP Esports berhasil menjuarai PMCO Global Final 2019 dengan 344 poin. Mereka pun berhak membawa pulang hadiah sebesar USD 180 ribu atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Posisi kedua dipegang oleh X-Quest F yang juga berasal dari China, diikuti oleh Elite Esports yang juga berasal dari China, dan di peringkat empat ada RRQ Athena yang berasal dari Thailand.


4. Diikuti Tim dari Indonesia

Tim eSport Bigetron Esports (BTR) menjadi wakil Indonesia di kompetisi ini. Mereka berhasil memenangkan tahap kualifikasi PMCO SEAS 2019 untuk kawasan Asia Tenggara.

Tim ini beranggotakan Made Bagus Prabaswara, Made Bagas Pramudita, Robby Mahardika Saputra, dan Mugammad Albi. Bigetron berhasil mewakili Asia Tenggara bersama dengan tim RRQ Athena dari Thailand.

Perjuangan Bigetron di kompetisi ini cukup berat, karena di hari pertama mereka sempat berada di peringkat kelima, kemudian terpuruk ke peringkat sepuluh di hari kedua. Setelah kompetisi berakhir di hari ketiga, Bigetron berhasil menyabet peringkat kelima di klasemen dengan total poin 257 dan mendapatkan hadiah sebesar USD 10 ribu (Rp 140 juta).

5. Diikuti Pevita Pearce

Bigetron bukan satu-satunya perwakilan Indonesia di PMCO. Artis dan penyanyi Pevita Pearce juga turut bertanding membawa nama Indonesia sebagai bagian dari program 'Team Up'.

Pevita berhasil terpilih b berdasarkan voting terhadap para pemain di seluruh dunia selama 10 hari, di mana lebih dari 220 juta angket disebar untuk menyaring 100 pemain, selebritas, dan para influencer. Selain Pevita, ada delapan figur publik lain yang terpilih dari berbagai negara, seperti Kazu yang merupakan influencer dari Jepang dan PowerBang yang merupakan influencer gaming dari AS.

Di hari pertama perhelatan PUBG Mobile Club Open 2019 Global Finals, Jumat (26/7/2019), Pevita dan delapan finalis lainnya membentuk tim dan bertarung dalam sebuah "Show Match" yang seru. Sayangnya, Pevita belum berhasil menang dan mengaku ia kurang jago main PUBG dibanding kompetitor lain.

6. Pendaftaran Musim Kedua Segera Dibuka

PMCO Global Final 2019 merupakan puncak dari turnamen PMCO yang diadakan di musim semi 2019. Setelah musim pertamanya selesai, pada bulan Agustus mendatang pendaftaran untuk musim kedua PMCO di tahun 2019 akan dibuka.



Simak Video "Keren! Ayah dan Anak Buat Lamborghini dari Printer 3 Dimensi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)