Minggu, 28 Jul 2019 15:40 WIB

Nintendo Switch Kini Bisa Pakai OS Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Grup developer bernama switchroot baru-baru ini merilis sebuah cara untuk 'menyuntik' sistem operasi Android ke dalam Nintendo Switch.

switchroot sendiri sejak beberapa waktu ke belakang memang tengah menggarap OS Android untuk Switch tersebut. OS ini adalah modifikasi dari LineageOS 15.1 yang berbasis pada Android 8.1 Oreo, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Minggu (28/7/2019).

Meski terdengar rumit, namun sebenarnya proses penyuntikan ini tak terlalu sulit, terutama bagi pengguna Switch yang sudah menggunakan bootloader Hekate pada konsol game miliknya itu. Instalasinya melibatkan sejumlah proses seperti menyimpan system image ke dalam kartu SD, mengunduh paket Gapps yang sesuai, lalu flashing semuanya lewat TWRP, dan reboot konsol.


Mengingat Switch memang tak didesain untuk menjalankan OS selain bawannya, ROM berbasis Android 8.1 Oreo itu disebut sangat impresift. Androidnya bisa berjalan baik di mode handheld maupun docked, audio dan Joycon bisa berfungsi sempurna.

Bahkan ada fungsi untuk menyalakan 'Shield' yang membuat Switch bisa berubah menjadi Nvidia Shield TV, lengkap dengan dukungan Nvidia Gamestream dan sejumlah game eksklusif Shield. Namun tentu masih ada bug pada OS tak resmi ini.
Nintendo Switch Kini Bisa Pakai OS AndroidFoto: Istimewa

Contohnya adalah WiFi yang tak stabil dan tak bisa memutar layar layaknya perangkat Android lain. Namun perlu diingat juga, melakukan hal ini membuat konsol anda terancam terblokir dari game online.

Masih tertarik? Anda bisa mengunduh dan mempelajari tahapan untuk menginstal Android di Switch pada tautan ini. Pembuat ROM-nya menyarankan untuk mengunduh lewat torrent agar server mereka tak jebol karena dibanjiri pengunduh.



Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed