Selasa, 09 Jul 2019 11:12 WIB

Tepat 38 Tahun Lalu Hari Ini: Aksi Perdana 'Super' Mario

Kris Fathoni W - detikInet
Tanggal 9 Juli pada 38 tahun lalu, Mario beraksi perdana dalam sebuah game. (Foto: Monica Schipper/Getty Images for Bloomingdales) Tanggal 9 Juli pada 38 tahun lalu, Mario beraksi perdana dalam sebuah game. (Foto: Monica Schipper/Getty Images for Bloomingdale's)
Jakarta - Sulit untuk tak mengenali Mario, minimal sosoknya, sebagai ikon Nintendo. Di tanggal 9 Juli, tepat 38 tahun berlalu sejak kemunculan perdana si "Super" Mario.

Tanggal 9 Juli 1981 secara spesifik menjadi momen kemunculan perdana Mario di jagat game. Saat itu ia belum dinamai Mario dan bahkan cuma punya sebutan "Jumpman" dalam game "Donkey Kong". Itu juga menjadi momen kelahiran Donkey Kong -- juga ikon Nintendo.

Dalam game tersebut, "Jumpman" dikisahkan sebagai seorang tukang kayu dan bertugas menyelamatkan seorang perempuan yang diculik Donkey Kong. "Jumpman" harus menaiki satu demi satu bidang tangga seraya menghindari terjangan tong yang dilempar Donkey Kong.




Baru setahun kemudian nama "Mario" dicetuskan, tepatnya di game "Donkey Kong Junior". Di sini Mario justru jadi antagonis dengan menawan Donkey Kong, sehingga harus menghadapi Donkey Kong Junior. Dalam riwayatnya, cuma di game ini Mario tak berperan sebagai sosok protagonis.

Sosok Mario sendiri lahir dari tangan dingin Shigeru Miyamoto, figur yang membesarkan Nintendo di antaranya berkat kepiawaian menciptakan karakter-karakter populer. Bahwa Mario kini tenar dengan aksi melompat pun adalah berkat dirinya.

Dikisahkan, di tahap awal pengembangan game "Donkey Kong" sebenarnya Mario (sebagai Jumpman) tak bisa melompat. Miyamoto mengintervensi dengan berargumentasi bahwa melompat adalah hal yang logis saat berusaha menghadapi serbuan tong dari depan.




Kini lompatan menjadi satu hal yang melekat pada Mario dalam menjalani beragam petualangan. Saking kerennya, sosok yang pernah identik sebagai tukang ledeng itu pun dikenal sebagai "Super" Mario. Ada pula sebutan populer lain yakni "Super Mario Bros", merujuk pada aksi super Mario bareng Luigi sang adik.

Nah, tanggal 9 Juli memang dapat dikatakan sebagai hari ultah Mario jika merujuk momen kelahirannya sebagai "Jumpman". Tetapi ada juga momen istimewa lain buatnya, yakni "Hari Mario" pada tanggal 10 Maret. Ini salah satunya karena penulisan "Mar 10" serupa dengan "MARIO". Ada pula yang menunjuk tanggal 13 September 1985 sebagai momen sejati lahirnya "Super" Mario, berkat kemunculannya di game "Super Mario Bros".

Tepat di ultah ke-38 Mario pada hari ini, menarik pula untuk disimak sebuah wawancara tahun 2016 yang dikutip The Herald. Saat itu Shigeru Miyamoto menyebut bahwa Mario abadi di umur "24 atau 25". Ya, mungkin-mungkin saja, toh Mario tetap terlihat Super berapa pun usianya.




(krs/fyk)