Selasa, 25 Jun 2019 12:26 WIB

5 Fakta soal Discord yang Sempat Down

Virgina Maulita Putri - detikInet
5 fakta soal Discord yang sempat down (Foto: Discord) 5 fakta soal Discord yang sempat down (Foto: Discord)
Jakarta - Baru-baru ini layanan Discord sempat down dan tidak dapat diakses oleh jutaan penggunanya. Tumbangnya Discord diduga karena masalah jaringan yang sempat dihadapi oleh Cloudflare, layanan content delivery network (CDN). Setelah sempat down selama beberapa jam, kini layanan Discord telah pulih dan bisa kembali diakses.

Walau namanya terdengar tidak familiar, layanan Discord termasuk layanan yang sangat populer di kalangan gamer. Mau tahu lebih lanjut, yuk lihat fakta-fakta menarik seputar Discord.




1. Apa Itu Discord?

Discord merupakan layanan chat gratis yang mirip dengan Skype atau Slack. Layanan Discord diperuntukkan secara spesifik untuk gamer, agar memudahkan mereka untuk mengobrol di dunia maya, serta berkoordinasi dan berbincang saat bermain game.

Sama seperti layanan chat kebanyakan, Discord mendukung panggilan video, voice chat dan teks. Discord juga memiliki fitur yang memudahkan mencari dan menambahkan teman, jadi layanan ini tidak hanya digunakan untuk komunikasi saat bermain game, tapi juga komunikasi sosial seperti biasa.

Discord juga memiliki komunitas grup yang berisi anggota dengan ketertarikan yang sama. Grup ini biasa disebut server dan ada yang sifatnya privat dan terbuka. Walau dibuat spesifik untuk gamer, banyak juga server yang fokus pada berbagai topik seperti anime, cryptocurrency, atau sekedar untuk bersosialisasi.

Saat ini Discord telah memiliki lebih dari 250 juta pengguna. Bahkan game populer seperti PlayerUnknown's Battleground atau PUBG juga memiliki server resmi di Discord.

2. Yang Membedakan Discord dengan Layanan Chat Lain

Jika kalian ingin berbicara dengan beberapa teman sambil main game, kalian sebenarnya bisa juga melakukannya dengan Skype atau Discord. Tapi Discord memiliki beberapa fitur ungulan, seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasinya di browser, bisa mengubah volume mikrofon tiap individu, dan menawarkan voice chat dengan latensi lebih rendah.

Jika kalian menginstal Discord di PC, kalian bisa mengaksesnya lewat overlay saat bermain game. Sehingga ketika kalian ingin mengubah tingkat audio atau mengetik sesuatu dengan cepat kalian tidak harus berpindah ke jendela lain.

3. Bisa Digunakan di Mana Saja

Discord tersedia untuk PC, baik itu untuk Windows atau pun Mac yang bisa diunduh di situs resminya. Kalian juga bisa mengakses Discord lewat browser secara langsung, tapi versi ini memiliki fitur yang sedikit terbatas.

Selain lewat PC, kalian juga bisa mengakses Discord di smartphone Android maupun iOS sehingga kalian bisa berbincang-bincang di mana saja. Fiturnya sebagian besar sama dengan versi PC tapi ada juga beberapa fitur yang tidak tersedia seperti screen sharing.




4. Layanan yang Populer dengan Game Streamer

Discord termasuk layanan yang populer di kalangan game streamer, apalagi untuk gamer yang menyiarkan sesi gaming-nya di Twitch atau YouTube. Layanan ini memiliki fitur khusus untuk streamer yang disebut Streamer Mode yang memungkinkan game streamer untuk menyembunyikan kode invitasi, DiscordTags dan informasi pribadi lainnya jika tiba-tiba muncul di layar saat streaming.

Singkatnya, server Discord yang dimiliki streamer bisa menjadi tempat interaksi tak terbatas antara streamer dengan follower mereka, baik saat mereka sedang live streaming atau tidak.

5. Apa Itu Discord Nitro?

Walau bisa diakses dengan gratis, Discord juga memiliki versi berbayar yang disebut Discord Nitro. Biaya berlangganannya mulai dari USD 5 per bulan atau USD 50 per tahun. Dengan berlangganan fitur ini kalian bisa mengakses fitur tambahan seperti batas upload foto yang lebih besar - dari 8MB menjadi 50MB -, dan juga kualitas screen sharing yang lebih baik.

Beberapa fitur tambahan lainnya adalah kalian juga bisa menggunakan avatar dan emoji animasi di chat. Selain itu kalian juga bisa mengubah nomor DiscordTag menggunakan nama kalian sendiri dan kalian akan mendapatkan lencana khusus yang menunjukkan dukungan kalian kepada Discord.


(vmp/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed