Jumat, 21 Jun 2019 14:50 WIB

Berkat iPhone, Apple Merangsek Jadi Perusahaan Game

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Jika membicarakan perusahaan game, yang langsung terpikir adalah tiga besar di ranah ini, yaitu Microsoft, Sony, dan Nintendo. Kalian juga mungkin akan menyebut EA, Ubisoft, Activision Blizzard, dan lainnya. Sekarang, ada Apple di daftar tersebut.

Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (21/6/2019), Apple kini selalu disebut sebagai perusahaan game, menurut analis dari Newzoo. Bahkan, Apple juga menjadi perusahaan game terbesar keempat di dunia setelah Microsoft, Sony, dan Nintendo.

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin membingungkan karena Apple tidak membuat game dan juga tidak membuat konsol.




Ternyata, rahasianya ada pada iPhone. Untuk diketahui, mobile gaming sedang berkembang pesat saat ini, terutama jika melihat fakta bahwa dibandingkan konsol game, hampir setiap orang punya smartphone saat ini.

Menurut Newzoo, Apple diperkirakan meraup USD 2,09 miliar dari gaming pada kuartal pertama 2018, dengan keseluruhan tahun tersebut dibulatkan USD 9,45 miliar.

Namun tidak diketahui apakah pendapatan ini murni berasal dari App Store secara umum atau berasal dari aplikasi yang terjual di App Store.




Posisi Apple ini pun diprediksi masih akan meningkat karena pada WWDC 2019 yang lalu, Apple merilis Apple Arcade. Ini adalah layanan berlangganan baru yang memungkinkan gamer mengakses sejumlah game eksklusif.



Lihat video Analisis Ming-Chi Kuo: iPhone 5G Apple Bakal Rilis Tahun 2020:

[Gambas:Video 20detik]


Berkat iPhone, Apple Merangsek Jadi Perusahaan Game
(rns/krs)