Kamis, 20 Jun 2019 14:08 WIB

PS5 dan Xbox Scarlett Dianggap 'Gitu-gitu Aja'

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Christian Petersen/Getty Images Foto: Christian Petersen/Getty Images
Jakarta - Kemunculan Sony PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Scarlett di masa depan tak cuma memunculkan antusiasme dari pengembang. Sebaliknya, ada yang menganggap dua calon konsol next-gen ini cenderung "begitu-begitu saja".

Diwartakan wccftech.com, sejumlah pengembang mengaku terkesan dengan jeroan dua konsol tersebut tapi Atsushi Inaba selaku pimpinan produser di PlatinumGames justru punya pendapat berbeda.

"Itu (sekadar) oke," katanya mengenai konsol next-gen Sony dan Microsoft.




"Begini, saya yakin game akan jadi lebih cepat, grafik jadi lebih baik, dan mungkin waktu loading jadi kian singkat... itu bagus buat konsumen."

"Tetapi sejujurnya, keduanya secara mendasar tidak jauh beda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Menurut saya, tak ada yang disruptif atau super inovatif," tuturnya.




Lebih lanjut, di masa lalu pengembangan jeroan pada konsol game rumahan dulunya lebih inovatif dan tidak sekadar mencomot apa yang sudah ada. Kini hal itu menjadi praktik lazim.

"(Nintendo) Switch, misalnya, ditenagai Tegra yang sudah lebih dulu ada dan konsol lain pun menggunakan chip dan kartu grafis yang mirip-mirip dengan yang ada di PC, cuma sedikit lebih update. Tak ada lagi hardware yang terlihat unik," ujarnya.

"Sulit untuk merasa antusias mengenai hal-hal yang sudah ada sebelumnya dan cuma dimodifikasi sedemikian rupa sampai titik tertentu," kata Inaba.


(krs/jsn)