Rabu, 19 Jun 2019 21:06 WIB

Selamat Ulang Tahun ke-20, Counter Strike!

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
20 Tahun Counter-Strike. Foto: dok. Counter-Strike 20 Tahun Counter-Strike. Foto: dok. Counter-Strike
Jakarta - "Dua puluh tahun lalu, sebuah mod Half-Life sederhana mengubah dunia gaming," tulis pihak Counter-Strike dalam sebuah blog resminya.

Ya, dua dekade silam, game tembak-menembak legendaris itu mulai menapaki jalannya dalam menjadi salah satu permainan paling ikonik sepanjang sejarah. Ia sendiri mulai tersedia di komputer berbasis Windows pada 1999.



Salah satu pembuat Counter-Strike, Jeff Cliffe.Salah satu pembuat Counter-Strike, Jeff Cliffe. Foto: istimewa

Seperti disebutkan di atas, ia bermula sebagai sebuah mod untuk Half-Life yang dirancang oleh Minh Le dan Jeff Cliffe. Setahun setelahnya, Valve Corporation selaku pengembang Half-Life membeli hak intelektual dari Counter-Strike.

Dari situ, mulai muncul banyak versi dari game tersebut. Salah satu yang paling terkenal adalah Counter-Strike: Condition Zero (CS:CZ) yang dirilis pada 2004. Versi terkini dari Counter-Strike sendiri adalah Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) yang meluncur pada 2012 silam.

Seiring berjalannya waktu juga, Counter-Strike tak lagi tersedia di komputer Windows saja. Ia juga merambah Linux, hingga konsol PlayStation dan Xbox.

"Secara konsisten berevolusi dan berubah selama bertahun-tahun, Counter-Strike tidak pernah sekalipun kehilangan fundamentalnya: mudah dipelajari, butuh seumur hidup untuk menguasainya, dan didukung oleh komunitas global yang besar," tulis Counter-Strike dalam blog resminya.



Kamu lebih suka jadi terrorist atau counter-terrorist?Kamu lebih suka jadi terrorist atau counter-terrorist? Foto: istimewa

Untuk memperingati ulangan tahunnya yang ke-20, Counter-Strike menyediakan versi retro dari salah satu map paling ikoniknya, yakni Dust II. Ia tersedia di dalam group map Casual Dust II di dalam CS:GO.

"Ada juga kapsul stiker baru yang menyertakan pahlawan dari CS - chickens!" kata pihak Counter-Strike menutup tulisan di blog resminya itu.

Sekali lagi, selamat ulang tahun, Counter-Strike!


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed