Kamis, 06 Jun 2019 08:48 WIB

Mengenang PlayStation 2, Konsol Game yang Fenomenal

Fino Yurio Kristo - detikInet
PlayStation 2. Foto: Justin Sullivan/Newsmakers PlayStation 2. Foto: Justin Sullivan/Newsmakers
Jakarta - PlayStation 2 boleh dibilang salah satu konsol game terpopuler dan digemari jutaan gamer. Sony mempensiunkannya pada tahun 2013 setelah berbagai prestasi gemilang, salah satunya gelar konsol terlaris sepanjang masa.

Bagaimana kisah kejayaan PlayStation 2 dari lahirnya sampai dipensiunkan? Simak berikut ini yang disarikan detikINET dari berbagai sumber.

Laris Manis Sejak Awal

Setelah kesuksesan PlayStation generasi pertama, Sony pun mulai mengembangkan generasi keduanya. Vendor asal Jepang ini mengumumkan eksistensi PlayStation 2 pada bulan Maret 1999.

Setahun kemudian, barulah PlayStation 2 dipasarkan pada bulan Maret 2000 di Jepang. Kemudian baru menyusul ke wilayah-wilayah lainnya.

Penjualannya sangat sukses, terjual 980 ribu unit di Jepang saja dalam satu hari pemasarannya dan sold out di banyak tempat. Kesuksesan PS 2 pun membuat pesaingnya, Sega Dreamcast kepayahan.
Mengenang PlayStation 2, Konsol Game Paling FenomenalPlayStation 2. Foto: Getty Images

Sampai-sampai cukup banyak gamer yang kesulitan mendapatkan PS 2 di toko. Karena sempat ada masalah produksi di pabrik Sony, di samping tingginya jumlah permintaan.

Melibas Para Pesaing

PlayStation 2 sebenarnya datang di pasar yang penuh persaingan. Ketika awal dirilis, dia menghadapi lawan dari Sega Dreamcast, Microsoft Xbox dan Nintendo GameCube.

Sega yang pertama kali gagal membendung sepak terjang PS 2. Di mana konsol Dreamcast akhirnya berhenti dipasarkan pada tahun 2001 karena semakin menurun penjualannya.

PS 2 kemudian masih mendapat perlawanan ketat dari Xbox dan GameCube. Xbox sejatinya punya keunggulan dengan hardware paling kuat dan GameCube dijual lebih murah.

Namun PS 2 tetap berjaya karena berbagai faktor. Di antaranya basis penggemar PlayStation sudah kuat, bisa memutar DVD, promosi besar-besaran dan komitmen developer pengembang game untuk PlayStation 2 sangat tinggi.

Dukungan Game Melimpah

Salah satu faktor kesuksesan PlayStation 2 adalah dukungan game yang melimpah ruah. Dan juga banyak yang berkualitas tinggi.

Seri Grand Theft Auto dan Metal Gear Solid 2 sempat beberapa lama menjadi game eksklusif di PS 2. Pada tahun 2004, diluncurkan Grand Theft Auto: San Andreas yang sempat menjadi game terlaris pada tahun itu.

Pada awal kehadirannya, Sony belum menggarap game online untuk PlayStation 2. Namun kemudian tahun 2002 mereka merilis titel game online SOCOM: US Navy SEALS.

Seiring perjalanannya yang sangat panjang, begitu banyak game dirilis untuk PS 2. Pada akhir 2011, tercatat 10.828 judul video game tersedia untuk PlayStation 2.

Tingkat Penjualan Dahsyat

"Pada masa puncak kejayaan PlayStation 2, kata PS 2 menjadi sama artinya dengan konsol game bagi banyak orang," kata Anna Marsh, desainer game Tomb Raider.

Memang penjualan PlayStation 2 sungguh dahsyat. Pada November 2005, PS 2 menjadi konsol game yang mencapai penjualan 100 juta unit dalam waktu tercepat, yakni 5 tahun 9 bulan.
Mengenang PlayStation 2, Konsol Game Paling FenomenalPlayStation 2. Foto: Getty Images

Akhir November 2011, Sony melaporkan jumlah penjualan total telah mencapai lebih dari 150 juta unit. Bahkan saat PlayStation 3 dirilis, PlayStation 2 masih melebihi penjualannya selama beberapa waktu.

Penjualan game PlayStation 2 pun sangat tinggi, mencapai 1,52 miliar judul game. Sampai saat dipensiunkan awal 2013, PlayStation 2 sejatinya masih diminati dan masih banyak dimainkan. Namun Sony memutuskan itu waktu paling tepat untuk mengistirahatkannya.

"Konsol ini sudah bersama kita begitu lama dan menjadi konsol yang sangat penting, sulit membayangkan keadaan dunia di mana tidak ada lagi PlayStation 2 tersedia di toko," tulis website game Kotaku kala itu. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed