Sabtu, 18 Mei 2019 04:04 WIB

Ada Kolaborasi Microsoft-Sony di PS5

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Microsoft dan Sony memang bersaing dalam pasar konsol game. Microsoft dengan Xbox One-nya, sementara Sony dengan PlayStation-nya. Namun keduanya kini berkolaborasi dalam urusan layanan streaming game.

CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Sony Kenichiro Yoshida mengumumkan kerja sama mereka. Keduanya berencana menggarap game streaming dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang nantinya akan digunakan di PlayStation 5 (PS5).

Dikutip dari Tech Radar, Jumat (17/5/2019), kolaborasi ini melibatkan teknologi cloud Microsoft Azure yang saat ini menyokong sejumlah besar aplikasi web dan layanan streaming.



"Di bawah memorandum yang ditandatangani kedua belah pihak, Microsoft dan Sony akan mengeksplore pengembangan solusi cloud di Microsoft Azure untuk mendukung game-game ternama dan layanan streaming konten," kata Microsoft.

"Di samping itu, kedua perusahaan akan mengeksplorasi penggunaan solusi berbasis data center Microsoft Azure untuk game-game Sony dan layanan konten streaming," sambung pernyataan tersebut.




Berbagai bocoran seputar PS5 telah beredar sejauh ini. Konsol baru ini tidak hanya merupakan upgrade PlayStation 4 tetapi memiliki hardware yang benar-benar baru.

PS5 akan menggunakan CPU eight-core yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini.

Ada Kolaborasi Microsoft-Sony di PS5 CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Sony Kenichiro Yoshida. Foto: TechRadar


Salah satu perubahan besar untuk urusan spesifikasi adalah PlayStation 5 akan menggunakan solid state drive (SSD) untuk menggantikan hard drive. Dengan menggunakan SSD, Sony menjanjikan waktu loading dan gameplay yang lebih responsif.

Karena spesifikasi yang kian gahar, PS5 mendukung grafis hingga 8K. Tapi tentu ini tergantung dengan kemampuan TV yang digunakan. Selain itu, Sony juga ingin mengoptimalkan pengalaman audio dengan menyiapkan PlayStation 5 untuk mendukung 3D audio.



Nah, dengan spesifikasi wah tersebut, tentunya dukungan AI dan teknologi Microsoft Azzure akan membuat pengalaman bermain game di konsol PS5 akan semakin optimal. (rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed