Selasa, 07 Mei 2019 16:22 WIB

Wah! Nintendo Switch Bisa Mainkan Game Xbox

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot YouTube Foto: Screenshot YouTube
Jakarta - Seorang pehobi game bernama Voxel9 baru-baru ini memamerkan Nintendo Switch-nya yang tengah menjalankan emulator XQEMU Xbox dan bisa dipakai untuk memainkan sejumlah game, salah satunya Halo.

Video tersebut dimulai dengan tampilan kode dari emulator tersebut tengah di-compile, yang diikuti dengan animasi booting Xbox. Dari situ ia mencari game Halo: Combat Evolved dari dalam hardisknya, dan membuat sebuah file save game, dan menjalankan gam tersebut.

Dari tampilan yang ada terlihat kalau proses emulator tersebut tak bisa dibilang lancar dan frame rate-nya pun sangat rendah, walaupun memang game tersebut tak sampai crash, demikian dikutip detikINET dari Kotaku, Selasa (7/5/2019).




Selain Halo, Voxel9 juga memamerkan game JSRF: Jet Set Radio Future yang dijalankan dengan cara sama. Game ini merupakan game eksklusif Xbox yang sebelumnya belum pernah di-port untuk platform lain, bahkan untuk Xbox One.

Gambar yang ditampilkan dari game ini memang terlihat sangat tajam, namun gamenya berjalan sangat lambat. Voxel9 sampai-sampai mempercepat videonya sampai 4x untuk menyimulasikan bagaimana frame rate yang seharusnya dari game ini.

Emulator yang dipakai Voxel9 ini bernama XQEMU, yang merupakan proyek emulator Xbox open source. Emulator ini masih dalam tahap pengembangan, namun sudah bisa berjalan dengan lancar di PC dengan spek tinggi.

Dalam deskripsi videonya, Voxel9 menyebut emulator yang ia pakai berjalan di Linux, dan ia instal di Switch yang sudah di-hack, bukan di OS Horizon bawaan Switch. Ia pun menggunakan kontroler PS4 untuk bermain, karena Joy-Con tak terdeteksi di emulatornya.

[Gambas:Youtube]

(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed