Jumat, 19 Apr 2019 12:41 WIB

Berkah Nintendo Mulai Jual Switch di China

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Nintendo Switch. Foto: dok. detikINET Nintendo Switch. Foto: dok. detikINET
Jakarta - Nintendo dilaporkan bakal menjual Switch untuk pertama kalinya di China. Mereka akan bekerja sama dengan Tencent untuk mendistribusikan konsol hybrid tersebut di Negeri Tirai Bambu.

Nanti, game pertama yang bakal dirilis di sana adalah New Super Mario Bros. U Deluxe. Hal ini pun langsung membawa berkah bagi perusahaan asal Jepang tersebut.


Saham Nintendo dilaporkan langsung tumbuh hingga 16% ke level USD 39 per lembar begitu Tencent mendapat persetujuan dari pemerintah setempat untuk memasarkan Switch di China. Nilai saham tersebut terakhir dicapainya pada 18 Oktober lalu, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Jumat (19/4/2019).

Yang menarik, para investor disebut mengharapkan adanya ekspansi ke sektor mobile gaming dari Nintendo setelah menggandeng Tencent di China. Hal ini tidak terlepas dari status perusahaan besutan Ma Huateng itu sebagai perusahaan gaming terbesar di Negeri Tirai Bambu.

"Nintendo belum meluncurkan game mobile di China dan kami percaya potensi bisnis mobile gaming Nintendo di China akan sangat lebih besar dari bisnis konsolnya," ujar Daniel Ahmad, analis Niko Partners, firma konsultasi yang berkantor di Silicon Valley dan Shanghai.


Sekadar informasi, di Indonesia, Nintendo sudah bergerak di mobile gaming melalui Super Mario Run. Ia sudah mendapat lebih dari 100 juta download di Google Play Store.

Sayangnya, masih belum diketahui kapan Nintendo akan meluncurkan Switch di China. Patut ditunggu bagaimana kiprah perusahaan asal Negeri Sakura itu bergerilya di negara pimpinan Xi Jinping itu. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed