Sabtu, 13 Apr 2019 22:36 WIB

Ini Cara Jokowi Rangkul Gamer e-Sport

Josina - detikInet
Foto: Jokowi di panggung debat pamungkas. (Dwi-detikcom) Foto: Jokowi di panggung debat pamungkas. (Dwi-detikcom)
Jakarta - Guna mendongkrak ekonomi kreatif di sektor e-sport, lewat sesi tanya jawab Debat Pilpres 2019, Jokowi berjanji untuk merangkul kalangan gamer.

Menurut catatan Jokowi, industri game memiliki peluang dan kontribusi besar untuk ekonomi Indonesia. Industri memiliki nilai ekonomi yang tumbuh dengan pesat, disebutkannya pada tahun 2017 perputarannya mencapai Rp 11-12 triliun dimana per tahunnya bertumbuh 30-35%.


Ia juga menambahkan anggaran-anggaran iklan dengan jumlah yang besar sudah mulai bergeser ke industri game ini, sehingga pemerintah harus merespons dengan cepat dan memberikan regulasi-regulasi yang baik.

"Ini adalah sebuah profesi yang anak-anak senang yakni menjadi gamer. Oleh sebab itu pemerintah siap mendukung mereka dengan membangun infrastruktur digital, akses broadband dengan kecepatan tinggi, Palapa Ring, hingga 4G," ujar Jokowi.

Calon Presiden nomor urut 01 ini juga menambahkan untuk membuat para gamer nyaman dikembangkan pula ekosistem agar mereka juga bisa mengembangkan game sendiri, sehingga tak cuma jadi konsumen game asing. Termasuk membuat tempat latihan sehingga nantinya para gamer lokal bisa menjadi pemain profesional dunia. (jsn/ash)