Senin, 25 Mar 2019 14:03 WIB

Main Google Stadia Butuh Koneksi Sekencang Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: REUTERS/Stephen Lam Foto: REUTERS/Stephen Lam
Jakarta - Google memprediksi masa depan bisnis game ada di cloud, karena itu mereka merilis Stadia. Butuh koneksi internet sekencang apa untuk lancar memainkannya?

Saat nanti resmi diluncurkan Stadia akan mendukung game dengan resolusi maksimal 4K dengan frame rate 60fps. Namun resolusi ini akan menyesuaikan koneksi yang digunakan oleh penggunanya.




Menurut bos Stadia Phil Harrison, untuk menikmati Stadia dengan resolusi 1080p dan frame rate 60 fps, Google menyarankan penggunanya mempunyai koneksi internet berkecepatan 25 Mbps.

Sebenarnya koneksi yang dibutuhkan lebih rendah dari ini. Tapi untuk kelancaran nge-game, Google menyarankan inilah batasan kecepatan yang dibutuhkan untuk bermain di platform Stadia pada resolusi tersebut.




Sementara untuk menikmati Stadia dengan resolusi maksimal -- 4K dengan frame rate 60 fps -- Harrison menyarankan kecepatan minimal 30 Mbps. Jika kecepatan internet penggunanya lebih rendah, maka Stadia akan menyesuaikan resolusi yang cocok dengan kemampuan bandwidth penggunanya.

Untuk menikmati Stadia, pengguna tak butuh set top box atau pun konsol. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk bisa bermain, namun yang termudah adalah menggunakan Chromecast.




Pengguna pun bisa menggunakan browser Chrome untuk bermain di Stadia, atau bahkan menggunakan ponsel Pixel keluaran Google, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (25/3/2019).

Google baru akan meluncurkan Stadia dalam beberapa bulan ke depan. Saat ini belum ada tarif yang dipatok untuk menggunakan platform ini, namun Google menyebut tarifnya akan dipublikasikan pada musim panas 2019 ini.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed