Rabu, 20 Mar 2019 11:11 WIB

Begini Spek Server Stadia, Layanan Gaming Punya Google

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Begini spek server Stadia, layanan gaming punya Google. (Foto: Screenshot) Begini spek server Stadia, layanan gaming punya Google. (Foto: Screenshot)
Jakarta - Google akhirnya merambah dunia game lewat Stadia, layanan gaming berbasis cloud. Seperti apa spek server yang dipakai di layanan itu?

Cloud gaming adalah di mana pengguna bisa memainkan game apa pun, baik berat mau pun ringan, di mana pun, dan menggunakan perangkat apa pun -- tentunya selama koneksi internet yang memadai tersedia.

Ini bisa dilakukan karena semua pemrosesan grafis dan lainnya dilakukan di server yang dipakai oleh penyedia jasa, dalam hal ini Stadia. Nah, Google pun mengungkap spesifikasi server yang mereka pakai di cloud gaming ini.

Menurut Google, setiap server Stadia menggunakan prosesor x86 dengan kecepatan 2,7 GHz yang dipasangkan dengan RAM 16GB. Namun bukan itu yang paling penting, melainkan GPU-nya, yang dibuat oleh AMD dan mempunyai kemampuan komputasi 10,7 teraflops.




Google tak membandingkan angka ini dengan 'kompetitornya' seperti Xbox dan PlayStation, yang hanya mempunyai kemampuan komputasi 6 teraflops untuk Xbox One X dan 4,2 teraflops untuk PS4 Pro, namun memang sudah seharusnya server cloud gaming punya kemampuan lebih kencang ketimbang konsol yang dipakai perorangan.

Bahkan GPU yang dipakai di Stadia itu kemampuannya -- di atas kertas -- mudah dicapai oleh GPU kelas consumer yang saat ini ada di pasaran. Contohnya AMD, yang punya GPU berkekuatan 10,5 teraflops yang diluncurkan sejak 2017 lalu, yaitu RX Vega 56.

Jadi, GPU 10,7 teraflops yang dipakai di Stadia punya dampak apa bagi penggunanya? Google mengklaim pengguna stadia akan bisa memainkan game dengan resolusi 4K dan frame rate 60 fps, lengkap dengan HDR dan surround sound, dan secara bersamaan menyiarkan video 4K 60 fps ke YouTube.

Ke depannya Google menjanjikan akan meningkatkan kemampuan Stadia menjadi 8K 120 fps, meski mereka tak menyebut kapan hal itu bisa dicapai, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (20/3/2019).


Begini Spek Server Stadia, Layanan Gaming Punya Google
(asj/krs)