Rabu, 20 Mar 2019 10:26 WIB

Google Luncurkan Stadia, Netflix untuk Main Game

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: 9to5mac Foto: 9to5mac
Jakarta - Google baru saja mengumumkan platform untuk streaming video game yang disebut Stadia. Layanan baru ini memungkinkan pengguna untuk memainkan game AAA tanpa membeli konsol atau komputer yang mahal.

Hal ini dimungkinkan karena semua game di-host dan dijalankan lewat cloud. Seluruh game tersebut bisa dimainkan langsung secara online lewat browser, tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.


Contohnya jika kalian sedang menonton video tentang sebuah game di YouTube, kalian akan melihat tombol 'Play Now' yang jika diklik akan langsung memulai game tersebut. Menurut Google, hanya dibutuhkan waktu lima detik untuk memuat game tersebut.

Stadia akan bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti desktop, TV, laptop, tablet bahkan smartphone melalui browser Google Chrome. Kalian bisa memulai game di satu perangkat dan melanjutkannya kembali di perangkat lain, seperti dilansir detikINET dari CNBC, Rabu (20/3/2019).

Google Luncurkan Stadia, Netflix untuk Main GameController Google Stadia. Foto: Guardian


Pengguna bisa memainkan game menggunakan keyboard dan mouse, atau menggunakan kontroler khusus Stadia yang akan dijual oleh Google. Kontroler ini tidak terhubung dengan perangkat apa pun, melainkan terhubung dengan cloud menggunakan Wi-Fi.

Kontroler ini terlihat seperti pada umumnya, yang membedakan adalah tombol untuk merekam gameplay dan mengunggahnya ke YouTube serta tombol khusus untuk mengaktifkan Google Assistant.

Google Luncurkan Stadia, Netflix untuk Main GameFoto: gaget360


Google mengatakan Stadia mendukung game 4K 60fps dengan HDR. Stadia direncanakan akan mendukung game dengan resolusi hingga 8K di masa depan. Untuk mentenagai proses render grafis di cloud, Google sudah bermitra dengan AMD.

Google mengatakan Stadia akan diluncurkan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan sebagian besar Eropa pada tahun ini. Belum diketahui berapa harga layanan ini, tapi beberapa game yang dipastikan hadir adalah Assassin's Creed Odyssey dan Doom Eternal. (vim/afr)