Selasa, 12 Mar 2019 21:33 WIB

IESPL Siap Bantu Jaring Atlet eSport buat SEA Games 2019

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Di SEA Games 2019 Filipina, eSport termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan. Indonesia eSports Premiere League (IESPL) menegaskan kesiapan berkontribusi dalam menjaring wakil Indonesia.

Presiden IESPL Giring Ganesha mengatakan sejauh ini pemerintah belum meminta rekomendasi atlet eSport kepada pihaknya. Kendati begitu, disampaikan Giring, IESPL tetap siap berkontribusi bila diminta.

Sebagai informasi, IESPL sendiri ditunjuk oleh pemerintah untuk menggelar Piala Presiden e-Sports 2019 dengan Mobile Games sebagai game yang dipertandingkan. Turnamen tersebut terbukti mampu menyedot 3.572 tim secara nasional.

"(Untuk saat ini kontribusi ke pemerintah) masih ini (Piala Presiden e-Sports), mencari talent-talent. Jadi mempermudah Kemenpora untuk melihat siapa yang akan dikirim. Itu saja sih karena balik lagi kita itu perusahaan swasta," kata Giring di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

"Tetapi bila nanti tiba-tiba Kemenpora minta tolong, kita akan tolongin karena Kemepora sudah men-support Piala Presiden e-Sports ini," tambahnya.

Sejauh ini, Giring mengakui, permintaan pemerintah terkait hal itu belum disampaikan kepada IESPL.

"Cuma, selalu diomongi, kalau (Piala Presiden e-Sports) ini salah satu cara mencari bakat-bakat yang dikirim. Balik lagi, ini juga harus dibicarakan bareng stakeholder," pungkasnya.

Turnamen Piala Presiden e-Sports 2019, yang didukung Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), memperebutkan total hadiah Rp 1,5 miliar.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (Phisgoc) resmi mengumumkan game eSport apa saja yang akan dipertandingkan pada tahun ini.

Sebelumnya, pada akhir November 2019, pihak panitia hanya mengungkapkan Mobile Legends yang telah dikonfirmasi sebagai cabor ke publik. Kali ini ada Dota 2, Starcraft II, Tekken 7, Arena of Valor, dan NBA 2K19 yang juga diumumkan untuk melengkapi cabang olahraga eSport SEA Games 2019.

Adapun game eSport yang dimaksud terkategorikan ke dalam dua game konsol (NBA 2K19 dan Tekken 7), dua game PC (Dota 2 dan StarCraft II), dan dua game mobile (Mobile Legends dan Arena of Valor). Untuk menggelar eSport di pesta olahraga multicabang se-Asia Tenggara, Phisgoc bermitra dengan perusahaan gaming Razer. (agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed