Rabu, 13 Feb 2019 13:39 WIB

PS5 Akan Bisa Mainkan Game Jadul Sampai ke PS1?

Kris Fathoni W - detikInet
PS5 diduga bisa memainkan game jadul, bahkan sampai ke game PS1. (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images) PS5 diduga bisa memainkan game jadul, bahkan sampai ke game PS1. (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Jakarta - Sony PlayStation 5 (PS5) belum ketahuan kapan meluncur, tapi sudah ada sejumlah rumor tentangnya. Yang teranyar, kemampuan memainkan game jadul sampai PS1.

Perkara backward compatibility dari PS5 ini sebenarnya sudah pernah jadi bahasan. Bedanya, saat itu si calon konsol next gen Sony baru disebut-sebut bakal bisa memainkan game dari PS4 saja.




Dalam rumor teranyar yang dikutip detikINET dari TechCrunch, Rabu (13/2/2019), sebuah paten yang baru terungkap mengindikasikan bahwa PS5 nantinya bahkan bisa memainkan game-game dari konsol pendahulu yang lebih lawas yakni PS3, PS2, dan PS1 atau PSX.

Disebutkan lebih lanjut bahwa paten dengan sandi 2019-503013 itu dimasukkan oleh Mark Cerny yang merupakan arsitek utama PS4. Paten ini dideskripsikan membuat PS5 bisa "menginterpretasikan" CPU dari konsol-konsol Sony terdahulu agar dapat memainkan game-gamenya.




Kemungkinan tersebut juga dinyatakan bisa menjadi sebuah hal krusial dalam persaingan Sony dengan Microsoft. Xbox One sudah dibekali kemampuan backward compatibility untuk memainkan game Xbox dan Xbox 360, cukup dengan memasukkan disk lamanya.

Sementara itu PS4 masih mengandalkan layanan streaming PlayStation Now. Pengguna yang mau memainkan game lawas masih harus membayar biaya langganan dan punya koneksi internet memadai.


(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed