Kamis, 31 Jan 2019 16:53 WIB

IEL University Series 2019 Digelar, Hadiahnya Rp 1 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Mix 360 Esports membuat sebuah kompetisi esports bernama IEL University Series 2019. Apa bedanya dibanding kompetisi esports lainnya?

IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi esports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA).

Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

"Syarat utama untuk memajukan esports di tanah air adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap esports sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat," ujar Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah mempersiapkan calon atlet ESPORTS, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini," tambahnya.

Sementara itu Presiden IESPA Eddy Lim menyebut IEL University Series 2019 sejalan dengan syarat dibentuknya IESPA, yaitu menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat melalui ESPORTS sekaligus mendorong komunitas dan industri ESPORTS di Indonesia.

"Yang IESPA harapkan dari kompetisi ini adalah kemunculan bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah ke SEA Games tahun ini," jelas Eddy.

Ada 12 kampus terpilih yang siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kejayaan di gelaran IEL 2019 University Series season 1. Dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends.

12 Universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019.

Kemudian, 4 tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019. Adapun Tempat berlangsungnya babak final IEL 2019 University Series bertempat di LigaGame Arena. Total hadiah senilai Rp 1 miliar akan diperebutkan para peserta IEL 2019 University Series pada musim pertama ini. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya