Jumat, 11 Jan 2019 14:01 WIB

Rumor Layanan Game Amazon Nyelip dalam Kabar Jeff Bezos Mau Cerai

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: David Ryder/Getty Images Foto: David Ryder/Getty Images
Jakarta - Jeff Bezos, pendiri dan bos Amazon, sudah mengumumkan mau bercerai dengan istrinya usai menikah 25 tahun. Di tengah gencarnya kabar itu, terselip pula rumor Amazon sedang mengembangkan layanan baru.

Tidak cukup menguasai bisnis retail online, Amazon kabarnya sedang mengembangkan layanan game streaming. Bukan layanan menonton orang yang sedang main games, karena Amazon sudah memiliki layanan streaming populer yakni Twitch.




Layanan anyar itu memungkinkan pengguna untuk memainkan game tanpa mengunduh atau membeli disknya terlebih dahulu. Game itu langsung bisa dijalankan lewat server bertenaga di lokasi jauh sekalipun, secara streaming.

Kabar ini pertama kali diterbitkan oleh The Information, yang menyebut dua sumber independen mengatakan bahwa Amazon sedang mengembangkan layanan game streaming dan akan diluncurkan pada tahun 2020.

Publikasi The Verge pun memperkuat rumor ini. Dilansir detikINET, Jumat (11/1/2019), Amazon kepergok sedang membuka lowongan pekerjaan untuk divisi ini. Lowongan kerja Amazon menyebut bahwa mereka sedang mencari setidaknya dua teknisi di Seattle dan California, AS untuk secara khusus bekerja di 'Cloud Games'.

Lowongan kerja ketiga untuk 'Lead Cross Platform Game Engineer' secara eksplisit memeperlihatkan ambisi Amazon untuk semakin serius di bisnis game. Lowongan ini sendiri mencari seseorang untuk memimpin dan membangun fondasi untuk bisnis game AAA yang belum diumumkan.




Pada dasarnya Amazon tidak sendirian mengembangkan layanan serupa. Sebelumnya, Google telah bekerjasama dengan Ubisoft untuk menghadirkan Assassin's Creed Odyssey di Google Chrome, Microsoft juga sedang menguji coba layanan game streaming di Xbox yang disebut Project x Cloud, dan Sony telah lama memungkinkan pengguna PS4 dan Windows PC untuk stream game lewat PlayStation Now.

Tapi Amazon memiliki keunggulan dibandingkan kompetitornya. Selain karena telah memiliki Twitch, perusahaannya Jeff Bezos itu juga memiliki unit khusus yang telah bekerjasama dengan publisher game lewat layanan cloud-nya, Amazon Web Service.

Selain itu, AWS juga merupakan penguasa di bisnis infrastruktur cloud, dengan pangsa pasar mencapai 33%. Jadi, secara infrastruktur Amazon telah unggul cukup jauh dibandingkan Google, Microsoft, dan Sony.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed