Kamis, 27 Des 2018 12:09 WIB

Sony PS5 Dukung 4K dan 240 FPS?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi PS5. Foto: LetsGoDigital via T3.com Ilustrasi PS5. Foto: LetsGoDigital via T3.com
Jakarta - Generasi terbaru konsol game Sony mungkin baru akan dirilis beberapa tahun mendatang. Namun spesifikasinya kini sudah menjadi bahan perbincangan.

Menurut analis Michael Pachter, konsol terbaru Sony itu akan mendukung resolusi 4K dengan frame rate mencapai 240 FPS, yang juga mendukung penggunaan PlayStation VR, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (27/12/2018).

"Saya pikir mereka akan membuat perangkat yang mempunyai 4K dan 240 FPS serta mendukung PSVR," ujar Pachter.

Komentar Pachter ini dilontarkan berdasarkan pertanyaan apakah pendekatan Sony di PS5 akan serupa dengan Microsoft pada konsol Xbox generasi terbaru, yang dikabarkan akan tersedia lebih dari satu perangkat.


"Mungkin nantinya akan ada masing-masing dua buah PlayStation dan Xbox, namun saya akan terkejut jika nantinya akan ada lebih dari dua, dan saya tak yakin apakah Sony akan berkomitmen untuk melakukan itu," tambahnya.

Namun mungkin akan ada yang berpikir, bukankah PS4 Pro sudah mendukung resolusi 4K? Perlu dicatat, kebanyakan game untuk PS4 Pro dibuat dengan resolusi lebih rendah, dan di-upscale ke 4K saat dimainkan di konsol tersebut.



Kalau pun game tersebut dibuat dengan resolusi 4K, frame rate yang didukung di konsol tersebut terbilang rendah. Hanya 30 FPS, sementara di PS5 -- jika benar -- frame ratenya bisa mencapai 240 FPS, yang tentunya akan membuat gerakan animasi lebih halus. (asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed