Selasa, 13 Nov 2018 05:17 WIB

DualShock PlayStation 5 Bakal Punya Layar?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Bagaimana jika Sony buat controller yang punya layar untuk penerus PS4? Foto: istimewa Bagaimana jika Sony buat controller yang punya layar untuk penerus PS4? Foto: istimewa
Jakarta - Belum lama ini, Sony mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai menjajaki kemunculan calon penerus PlayStation 4 (PS4). Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO dari perusahaan asal Jepang, yaitu Kenichiro Yoshida.

"Pada saat ini yang dapat saya katakan adalah mengenai pentingnya memiliki hardware next-generation," ujarnya beberapa waktu lalu.


Kini, muncul kabar bahwa Sony mulai mempersiapkan controller baru untuk konsel anyarnya tersebut. Sony Interactive Entertainment America dilaporkan telah mendaftarkan paten tentang sebuah controller yang memiliki layar sentuh, sebagaimana detikINET kutip dari Screen Rant, Selasa (13/11/2018).

Paten tersebut didaftarkan di United States Patent and Trademark Office (USPTO), atau di Indonesia fungsinya serupa dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Keberadaan paten tersebut pun langsung mendapat perhatian sejumlah analis.

Mereka berspekulasi bahwa DualShock tersebut ditujukan untuk PlayStation 5, walau Yoshida sendiri tidak menyebut konsol Sony berikutnya akan bernama PS5. Itu berarti, bisa jadi namanya pun adalah DualShock 5, jika melihat PS4 ditemani oleh DualShock 4.

Walau demikian, tidak ada yang bisa menjamin apakah Sony akan benar-benar membuat paten tersebut atau tidak. Namun, jika mereka benar-benar membuatnya, apakah ini akan membuatnya berbentuk mirip dengan Nintendo Switch? Bisa iya, bisa juga tidak.


Mungkin kita masih harus menunggu selama paling tidak pada 2021 untuk mengetahuinya. Hal ini merujuk pada pertanyaan CEO Sony Interactive Entertainment, John Kodera, yang mengindikasikan bahwa konsol teranyar PlayStation setidaknya baru akan muncul tiga tahun mendatang.

"Kami akan menggunakan tiga tahun mendatang untuk bersiap membuat langkah berikutnya; merangkak agar kami bisa melompat lebih tinggi di masa depan," ucapnya kala itu. (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed