Minggu, 28 Okt 2018 09:03 WIB

3 Judul Resident Evil Jadul Masuk Nintendo Switch

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Aksi Leon S. Kennedy di Resident Evil 4 akan segera hadir di Nintendo Switch. Foto: YouTube/Boss Fight Database Aksi Leon S. Kennedy di Resident Evil 4 akan segera hadir di Nintendo Switch. Foto: YouTube/Boss Fight Database
Jakarta - Capcom mengumumkan bahwa pihaknya akan memasukkan sejumlah seri jadul dari Resident Evil ke konsol hybrid milik Nintendo, yaitu Switch. Hal tersebut diungkapkannya melalui akun Twitter resminya.

Tak tanggung-tanggung, ada tiga judul yang bakal dihadirkan oleh pengembang game kenamaan asal Jepang tersebut ke Nintendo Switch. Menariknya, umur dari ketiga game tersebut paling tidak sudah menyentuh 13 tahun sejak diluncurkan.

"Capcom tengah membawa sejumlah kesukaan penggemar ke Nintendo Switch. Resident Evil, Resident Evil 0, dan Resident Evil 4 masing-masing akan diluncurkan di Nintendo Switch pada 2019," kicaunya melalui akun @CapcomUSA_


Agar semakin terasa betapa jadulnya deretan judul game tersebut, Resident Evil pertama kali melakukan debut pada 1996. Permainan genre petualangan horor itu mleuncur pertama kali di PlayStation.

Kemudian, Resident Evil 0 menyusul pada 2002. GameCube jadi konsol menerima game tersebut untuk pertama kali. Lalu, pada 2005, Resident Evil 4 mulai tersedia untuk konsol yang sama dengan game sebelumnya.

Selain itu, Capcom juga beberapa kali melakukan perilisan ulang terhadap ketiga judul tersebut. Pada 2002, remake dari Resident Evil mulai bisa dimainkan di GameCube. Lalu, pada 2015, giliran Xbox One, PlayStation 4, dan PC yang mendapatkannya.

Untuk Resident Evil 0, pada 2008, game ini diboyong ke konsol Wii. Kemudian disusul dengan versi remastered pada 2016 yang tersedia untuk PS3, PS4, Xbox One, Xbox 360, dan PC.

Di antara dua pendahulunya, mungkin Resident Evil bisa dibilang yang terbaik. Hal tersebut bisa dilihat dari persebarannya. PC, Nintendo Wii, PS2, PS3, PS4, Xbox One, dan Xbox 360 merupakan sederetan platform yang bisa memainkan game ini. Bahkan ada versi ringan yang tersedia di perangkat berbasis iOS dan Android serta Zeebo, konsol asal Brazil.

Kehadiran ketiganya di Switch tentu meramaikan lini game Resident Evil di konsol tersebut. Pasalnya, edisi terbaru dari franchise ini, yaitu Resident Evil 7 Biohazard, juga bisa dimainkan di Switch.

Pengumuman Capcom ini pun juga mendapat sambutan positif dari Netizen. Banyak dari mereka yang merasa gembira dengan kembalinya karakter ikonik Leon S. Kennedy.





















(mon/mon)