Senin, 08 Okt 2018 12:05 WIB

Fortnite Sudah Raup Rp 4,5 T dari iOS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Fortnite sudah meraup Rp 4,5 miliar dari iOS (Foto: istimewa) Fortnite sudah meraup Rp 4,5 miliar dari iOS (Foto: istimewa)
Jakarta - Fortnite baru tersedia di iOS sejak 15 Maret lalu, dan sampai saat ini, tepatnya 200 hari, game itu sudah meraup USD 300 juta atau Rp 4,5 triliun dari platform tersebut.

Angka berdasarkan catatan Sensor Tower ini memang terbilang besar, namun tak mengejutkan jika melihat model bisnis yang dianut oleh Fortnite. Yaitu game free to play yang tersedia di hampir semua sistem operasi di pasaran, dan meraup keuntungan dari pembelian di dalam game (In-App Purchase/IAP).

Menurut Sensor Tower, total pemain Fortnite di iOS secara global rata-rata mengeluarkan uang USD 1,5 juta setiap harinya sejak game itu dirilis. Lalu setelah pembaruan Season 6 keluar pada 27 September, jumlahnya meningkat menjadi USD 2,5 juta perhari.

Salah satu tambang pemasukan bagi Fortnite adalah mode PvE bernama Save the World yang tidak gratis. Namun tetap saja pemasukan utamanya berasal dari pembelian di dalam game untuk keperluan 'kosmetik' karakter.
Setiap pembelian di dalam game ini bisa disinkronisasi ke setiap platform selama menggunakan akun yang sama, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (8/10/2018).

Dibandingkan dengan game lain, pemasukan yang didapat Fortnite ini adalah yang paling besar untuk periode yang sama. Clash Royale pada 200 hari pertamanya 'hanya' meraup USD 228 juta.





Tonton juga 'Usaha Meningkatkan Peran Game Developer di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/fyk)