Senin, 24 Sep 2018 14:29 WIB

Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

Kris Fathoni W - detikInet
Ada momen bukan muhrim di game Spider-man PS4 (Foto: PlayStation.com) Ada momen bukan muhrim di game Spider-man PS4 (Foto: PlayStation.com)
Jakarta - Game Spider-man sedang memikat para pemilik PS4 di seluruh dunia. Realistisnya game itu dapat apresiasi besar, termasuk ketika memunculkan momen bukan muhrim.

'Marvel's Spider-man', demikian game itu secara resmi disebut. Kritikus memberi game ini ponten bagus, para gamer pun sudah menyambutnya dengan sedemikian positif.




Dalam game tersebut Insomniac, selaku pengembang, sudah mengisi kota New York dengan (AI) penduduk yang sedemikian beragam sepeti halnya kota Big Apple yang asli. Realistisnya AI itu pun memunculkan kisah viral terkait adegan "bukan muhrim".

Hal ini dimunculkan seorang pengguna Reddit, u/mk4rim, saat berpetualang di dunia game 'Marvel's Spider-man'. Dalam video klip yang ia sertakan dalam postingannya di Reddit, Spider-man yang dimainkan u/mk4rim tampak berinteraksi dengan perempuan berhijab.

Di awal video, perempuan berhijab tersebut tampak antusias memanggil si manusia laba-laba. Spider-man, yang senantiasa gembira menyambut penggemarnya, pun terlihat mengulurkan tangan untuk bersalaman dan bahkan hendak memeluk perempuan itu.




Akan tetapi, si perempuan berhijab langsung terlihat ragu. Ia pun menaruh tangan di dada, menampik isyarat Spider-man untuk memeluk dirinya.


Momen 'Bukan Muhrim' di Game Spider-manFoto: u/mk4rim via Reddit


Buat gamer AS secara umum, hal itu mungkin semata dianggap sebagai perilaku NPC (Non Playable Character). Tapi gamer Muslim pasti tahu bahwa di agama Islam, tindakan perempuan berhijab itu adalah karena Spider-man merupakan lawan jenis yang bukan muhrimnya.

Kejadian ini pun cukup ramai dibahas dan jadi viral. Pada umumnya mengapresiasi Insomniac karena mampu menyelipkan detail semacam itu dalam game-nya.

[Gambas:Youtube]


"Untuk kalangan Muslim, interaksi ini merupakan kejutan menyenangkan. Dalam iklim saat agama Islam acapkali digambarkan dengan keliru, dan biasanya dengan negatif, di sini kita menemukan contoh yang tepat," kata kontributor Forbes Anhar Karim dalam tulisannya.

"Apa semua Muslim melakukan hal seperti itu? Tidak juga. Tapi banyak pula Muslim yang melakukannya. Dan walaupun hal semacam itu merupakan kebiasaan yang umum dalam kehidupan sehari-hari orang Muslim, ini merupakan detail yang tak diketahui banyak orang."

"Jadi bayangkan bagaimana ini jadi sebuah kejutan menyenangkan buat gamer Muslim yang masih muda, ketika perempuan dalam game tersebut memperlihatkan tipe interaksi semacam itu," tuturnya memberi penilaian, seperti dikutip detikINET.

(krs/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed