Sabtu, 08 Sep 2018 10:18 WIB

Perintah Suara Alexa Bisa Dipakai di Xbox One

Josina - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Microsoft mulai menguji dukungan layanan perintah suara Alexa pada Xbox One Insiders-nya. Raksasa software ini merilis Skill Xbox untuk Alexa yang akan memungkinkan perangkat besutan Amazon seperti Echo, Sonos, dan berbagai perangkat lain yang telah didukung Alexa dapat mengendalikan Xbox One.

Dengan kemampuan baru ini, pengguna bisa menyalakan Xbox One hanya dengan perintah suara seperti memainkan game, menyesuaikan volume suara, merekam tangkapan layar, memulai siaran, dan masih banyak lagi.


Sebelumnya, Microsoft telah lama mendukung Kinect di Xbox One untuk beragam fungsi. Karena kini Microsoft tidak lagi memproduksi Kinect, integrasi dengan perintah suara Alexa menjadi langkah selanjutnya yang logis.

Ada kabar bahwa Microsoft mungkin juga akan mengintegrasikan perintah suara milik Google yakni Assistant di Xbox One. Microsoft mengatakan, mereka akan terus mengembangkan pengalaman ini dan menumbuhkan integrasi suara di seluruh perangkat, asisten digital, dan layanan suara.

Dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (8/9/2018), Albert Penello yang bekerja selama 18 tahun di Microsoft, kini telah bergabung dengan Amazon pada awal tahun ini.



Tujuannya ternyata untuk membantu mencari tahu bagaimana menumbuhkan kehadiran Alexa atau Echo dalam game. Integrasi ini adalah dorongan besar untuk kehadiran Alexa di seluruh layanan dan perangkat. Microsoft juga telah bekerja sama dengan Amazon untuk mengintegrasikan Alexa dan Cortana. Bagi yang penasaran, preview fitur ini tersedia di Alexa dan Cortana (rns/rns)