Selasa, 04 Sep 2018 15:43 WIB

Resmi Dirilis, Penjualan PES 2019 Malah Loyo

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Lionel Messi dan Marc-Andre ter Stegen dalam trailer PES 2019. Foto: YouTube/officialpes Lionel Messi dan Marc-Andre ter Stegen dalam trailer PES 2019. Foto: YouTube/officialpes
Jakarta - Pada akhir Agustus lalu, PES 2019 resmi diluncurkan, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Hal ini menyusul dari peluncuran versi demo pada beberapa minggu sebelumnya.

Sayang, bukannya berita baik, justru kabar kurang mengenakkan yang menyertai kemunculan game sepak bola tersebut. Sampai saat ini, penjualannya tercatat menurun 42% dibandingkan dengan tahun lalu.


Angka tersebut dikemukakan oleh Chart-Track, firma peneliti asal Inggris yang mengawasi penjualan musik hingga video game. Satu catatan, perolehan tersebut berlaku untuk penjualan secara fisik saja, sebagaimana detikINET kutip dari Eurogamer, Selasa (4/9/2018).

Tentu ini menjadi alarm tersendiri bagi PES. Terlebih, pesaing besarnya yaitu FIFA 19 sudah mengumumkan membawa berbagai perubahan, seperti hadirnya mode Liga Champions yang 'dirampas' dari PES untuk menarik lebih banyak pemain.


Kini, game besutan Konami tersebut hanya bisa berharap lisensi resmi dari berbagai kompetisi seperti Liga Turki dan Liga Skotlandia mampu mendongkrak penjualannya. Jika tidak, maka jurang yang memisahkannya dengan game sepak bola buatan Electronic Arts bisa jadi akan semakin lebar.

Pihak Chart-Track tidak mengumumkan secara publik detail lebih lanjut mengenai penjualan PES 2019, seperti angka pastinya. Walau begitu, ada satu berita baik yang diumumkan oleh firma tersebut.

Game ini berhasil bertengger di posisi dua dalam Chart Top 40 UK buatan lembaga tersebut. Ia hanya kalah oleh F1 2018 dalam daftar tersebut.

Mengisi urutan lima besar, ada Grand Theft Auto 5, Crash Bandicoot N.Sane Trilogy, dan Yakuza Kimawi. Sedangkan Mario Kart 8 Deluxe, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), God of War, Monster Hunter Generations Ultimate, serta FIFA 18 melengkapi urutan 10 besar dalam chart tersebut. (mon/fyk)