Nintendo: 35 Tahun Jual 725 Juta Konsol

Nintendo: 35 Tahun Jual 725 Juta Konsol

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Senin, 13 Agu 2018 18:55 WIB
Konsol SNES dari Nintendo. Foto: istimewa
Jakarta - Belum lama ini, Sony mengumumkan bahwa pihaknya sudah menjual lebih dari 525 juta unit PlayStation sejak pertama kali merilisnya pada 3 Desember 1994, atau hampir 24 tahun yang lalu. Kini, giliran angka penjualan konsol Nintendo yang menyeruak ke permukaan.

Perusahaan asal Jepang tersebut kini telah menjual lebih dari 725 juta konsol dalam kurun waktu 35 tahun sejak mereka merilis Family Computer (Famicom). Kurang familiar dengan nama tersebut? Mungkin nama Nintendo Entertainment System (NES) akan lebih bersahabat di telinga.


Famicom merupakan nama yang digunakan oleh Nintendo di Jepang. Sedangkan NES digunakan di seluruh dunia selain di Negeri Sakura tersebut.

Sejak kemunculannya, konsol tersebut berhasil memperkenalkan sejumlah judul game ikonik seperti Super Mario Bros dan The Legend of Zelda. Bahkan, Nintendo sampai merilis ulang dengan nama NES Classic Edition sejak Juni lalu.

Setelah meluncurkan NES pada 1983, Nintendo terus merilis berbagai konsol. Game Boy, Super Nintendo Entertainment System (SNES), N64, Gamecube, Wii, DS, dan Switch adalah sejumlah perangkat keluarannya dari masa ke masa. Secara keseluruhan, mereka sudah menjual 727,65 juta unit konsol.

DS jadi yang paling penyumbang penjualan terbesar dengan torehan 154, 02 juta unit. Di posisi kedua ada Game Boy yang berhasil terjual sebanyak 118,69 juta unit. Wii menyusul di tempat ketiga dengan catatan 101,63 juta unit, sebagaimana detikINET kutip dari Screen Rant, Senin (13/8/2018).

Sedangkan Nintendo Switch, salah satu konsol terbarunya, kini sudah menyentuh penjualan di angka 19,67 juta unit. Torehan tersebut sudah berhasil membuatnya mengalahkan penjualan dari Wii U (13,56 juta unit) dan semakin mendekati Gamecube (21,74 juta unit).


Sebelumnya Sony merayakan milestone penjualan 500 juta unit dengan meluncurkan PS4 Pro edisi spesial dengan hard drive 2TB dan berbodi transparan. Meski begitu, tampaknya Nintendo tidak melakukan perayaan apa-apa terhadap torehannya ini. (mon/rou)